Sukses

Keputihan Setelah Haid

10 Sep 2014, 14:15 WIB
Wanita, 22 tahun.
Selamat sore dok, saya iyung umur 22th blm menikah, mau tanya normalkah keputihan saya? jadi setiap saya selesai haid tepatnya 5 hari setelah haid saya keputihan, tp keputihanya kadang cair agak kental bisa di tarik kadang kental bgd dok kaya sebutir nasi yg di bejek gitu deh, tp gag berbau, gag gatal, aplg kecoklatan, smua baik gag kaya ciri" keputihan abnormal dan gag sakit juga,cuma agak heran aja klo kental kaya nasi tuh normal ga cy dok? oia siklus haid saya 30 - 33 hari tp pernah sampe 40 hr itu normal jg ga dok? terimakasih dok mohon info'a yah salam iyung

 Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari klikdokter.

Keputihan atau dalam bahasa medis disebut fluor albus, adalah cairan (bukan darah) yang keluar dari vagina. Keputihan dapat timbul dari berbagai keadaan, yaitu secara fisiologis/normal dan secara patologis. Yang dimaksud dengan keputihan fisiologis adalah keputihan yang nromal terjadi akibat perubahan hormonal, seperti saat menstruasi, stres, kehamilan, dan pemakaian kontrasepsi. Sedangkan keputihan patologis adalah keputihan yang timbul akibat kondisi medis tertentu dengan penyebab tersering adalah akibat infeksi parasit/jamur/bakteri.

Normalnya cairan keputihan adalah bening, tidak berwarna, tidak berbau, tidak banyak, dan tidak menimbulkan keluhan seperti rasa gatal atau terbakar pada kemaluan. Pada kasus Anda, keputihan tersebut kental seperti nasi. Bisa juga disebabkan oleh infeksi jamur, jadi sepertinya perlu dilakukan pemeriksaan lanjutan. 

Dan seperti yang telah disinggung sebelumnya, bahwa menstruasi bukanlah satu-satunya penyebab keputihan yang normal. Masih ada faktor psikologis yang juga dapat menyebabkan keluhan serupa. Selama keputihan tersebut tidak mengganggu atau menimbulkan keluhan, maka Anda tidak perlu merasa khawatir.

Bagaimanapun, evaluasi sebaiknya tetap dilakukan untuk menyingkirkan infeksi sebagai penyebab keputihan tersebut. Untuk itu kami sarankan sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter spesialis kulit dan kelamin untuk tatalaksana yang optimal. Cairan keputihan Anda akan diambil untuk diperiksa menggunakan mikroskop. Apabila benar ditemukan adanya infeksi, dokter akan memberikan Anda terapi antikuman yang disesuaikan dengan kuman penyebabnya.

Kami sertakan artikel yang dapat Anda baca : 

Haid Berkepanjangan

Haid Tidak Teratur

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat. (EA)

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar