Sukses

Apakah Kanker Bisa Diturunkan?

20 Oct 2014, 02:25 WIB
Wanita, 56 tahun.
Dh, apa bnr kanker itu penyakit turunan menyilang? jk benar, sdh bisakah cely melakukan medcheck keseluruhan u/ kedua ank laki2 5 thn & 3thn) cely? ( u/ mendeteksi CA) krn ibu dr suami terdiagnosa kanker serviks stadium 3b. Terima Kasih

 Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi klikdokter.

Kanker memang merupakan penyakit yang dapat diturunkan oleh gen. Jadi seorang anak dapat mendapatkan gen dari Ibu ataupun Bapak, bila Ibu atau bapak membawa gen kanker maka dapat diturunkan ke anak.

Untuk permasalahan kanker serviks, kanker serviks itu 90% disebabkan oleh infeksi virus HPV, selain virus ini bisa juga disebabkan oleh terlalu muda memiliki anak, terlalu banyak anak dan merokok. Virus HPV ini ditularkan melalui hubungan seksual, jadi penyebab kanker serviks sering dipengaruhi bukan dari genetis namun dari efek kehidupan kita sehari-hari. 

Jadi walaupun kanker dapat diturunkan melalui materi genetis, namun pertumbuhan kanker pun dipengaruhi oleh kehidupan kita sehari-hari. Untuk mencegah kanker yang dapat Anda perhatikan juga adalah makanan (hindari makanan siap saji, perbanyak makanan seperti sayur dan buah), olahraga secara teratur, hindari merokok, hindari hubungan seksual yang bebas, banyak konsumsi air putih dan untuk mencegah kanker serviks pun saat anak berusia remaja dapat dilakukan vaksin HPV (vaksin untuk virus penyebab kanker serviks).

Bila memang setelah Anda telusuri ada keluarga kakek-kakek atau uyut-uyut yang menderita kanker bisa saja nanti setelah remaja/dewasa dilakukan pemeriksaan marker untuk kanker, atau pemeriksaan foto seluruh tubuh. Namun untuk sekarang karena usia anak Anda masih kecil, coba budayakan hidup sehat saja.

Berikut kampi lampirkan artikel mengenai pola hidup sehat:

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat. (EA)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar