Sukses

Alergi Udang dan Kepiting

09 Sep 2014, 11:04 WIB
Wanita, 20 tahun.
Assalamu'alaikum dokter , saya ingin bertanya . Saya punya maasalah kulit ni dokter .. kata mama saya, saya elergi udang dan kepiting.. tetapi karna makanan yg disajikan di tempat saya bekerja adalah udang . mw ga mw saya makan. dari pada saya kena sakit magh .. tapi dampaknya wajah saya jdi merah - merah dan gatal . Bagaimana cara mengatasinya dokter .. Apakah ada solusi untuk saya. Terima Kasih ... salam Marliani :)

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Dari cerita yang Anda paparkan sepertinya Anda mengalami alergi. Alergi adalah reaksi tubuh yang berlebihan terhadap benda asing tertentu atau yang disebut alergen. Apabila alergen masuk ke dalam tubuh seseorang, melalui berbagai cara, baik terhisap, tertelan, ataupun kontak dengan kulit, maka  sistem kekebalan tubuh seseorang yang memiliki alergi akan aktif dan menimbulkan reaksi yang berlebihan.

Seseorang dengan riwayat alergi tertentu dapat juga memiliki alergi terhadap beberapa hal. Dalam kasus Anda, Anda perlu memperhatikan dengan lebih teliti apa yang mungkin menjadi faktor pemicu timbulnya alergi Anda. Anda perlu memperhatikan jenis-jenis makanan, kondisi udara, dll yang memicu timbulnya alergi Anda.

Alergi tidak dapat hilang sepenuhnya, yang dapat dilakukan bagi penderita alergi adalah dengan melakukan pencegahan atau penghindaran dari materi-materi yang dapat menyebabkan alergi. Maka, penting bagi Anda untuk mengetahui apa saja yang dapat memicu timbulnya reaksi alergi Anda dan menghindarinya. Jadi yang dapat Anda lakukan adalah dengan menghindari makanan yang sudah Anda ketahui dapat menyebabkan reaksi alergi. 

Obat untuk alergi selain dengan salep dapat juga konsumsi obat minum golongan antihistamine (loratadine, cetirizine) atau kortikosteroid lemah namun hanya boleh diberikan oleh dokter kulit bila memang keluhan tidak dapat Anda tahan. Sebaiknya untuk obat oral harus konsultasi ke dokter specialis kulit dan kelamin.

Anda dapat mengunjungi dokter spesialis kulit dan kelamin untuk pemeriksaan lebih lanjut dan lengkap.

Kami sertakan artikel berjudul: Alergi, untuk informasi lengkap Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (DK)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar