Sukses

Kenapa Protein Menigkat pada Wanita Hamil

19 Oct 2014, 21:06 WIB
Wanita, 20 tahun.
Dok, saya mahasiswa kebidanan di kalimantan timur. saya ingin menanyakan mengapa pada wanita hamil mengalami peningkatan kadar protein dalam urinenya ? tapi peningkatan tersebut tergolong normal. apa penyebabnya ? apakah ini dikarenakan sisa metabolisme meningkat akibat adanya janin ? terima kasih.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi klikdokter.

Proteinruia merupakan konsekuensi dari 2 mekanisme. Yang pertama karena keluarnya protein trans-glomerular karena peningkatan permeabilitas dinding kapiler glomerulus. Yang kedua karena karena adanya gangguan re-absorbsi dari sel epitel pada tubulus proksimal di ginjal. Proteinuria biasanya disebabkan oleh infeksi saluran kemih, gangguan ginjal, atau sebagai tanda pre-eklampsia. Kerusakan endotel pembuluh darah dan peradangan (inflamasi) pada ibu dapat memicu peningkatan permeabilitas vaskular, vasokonstriksi, dan menurunkan aliran darah palsenta dan gangguan pembekuan darah. 

Proteinuria pada usia kehamilan muda dapat menjadi indikasi adanya kelainan ginjal. Sedangkan proteinuria pada usia kehamilan di atas 20 minggu disertai hipertensi bisa menjadi tanda preeklampsia.

jadi intinya, proteinuria pada kehamilan merupakan tanda adanya suatu kelainan dan harus dicari tahu penyebabnya apa dan tidak boleh dianggap sebagai hal yang normal sampai terbukti tidak ada penyakit yang mendasarinya.

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat. (DK)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar