Sukses

Menghentikan ASI

08 Sep 2014, 16:17 WIB
Pria, 28 tahun.
terimaksih dokter atas jawabannya, disekitar rumah ada ibu ibu yang mengalami hal yang sama, kemudian menghilang dengan sendirinya bersamaan dengan mengeringnya asi... seandainya asi diberhentikan dengan cara suntik KB hormon (konsultasi dengan bidan), apakah sakit akibat mastitis bisa hilang? apakah ada efek sampinnya? terimakasih.

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Jika ASI masih diproduksi dan tidak disusui, dapat menyebabkan penggumpalan ASI dan berisiko mastitis (infeksi payudara). Jika payudara tampak bengkak dan nyeri, lakukan pemijatan/massage pada payudara, keluarkan ASI untuk mengurangi bengkaknya. Produksi ASI menyesuaikan kebutuhan, jika semakin lama anak sudah tidak menyusui, produk ASI pun semakin lama akan berkurang. 

Biasanya tidak dilakukan terapi atau pengobatan untuk masalah ini, hanya dilakukan observasi. Pemberian KB Suntik memang dapat menurunkan produksi ASI namun sebaiknya Anda melakukan konsultasi dengan dokter spesialis kandungan dan kebidanan Anda karena terdapat efek samping pemberian KB suntik. Pemberian suntikan KB tidak dapat mengurangi sakit akibat mastitis. Mastitis disebabkan Infeksi payudara, Gejala-gejalanya yaitu payudara memerah dan terasa sakit jika disentuh disertai dengan keluarnya nanah dan darah dari puting payudara. Yang dapat dilakuan adalah dengan melakukan pemijatan pada payudara.  

Berikut kami lampirkan artikel yang bermanfaat untuk Anda:

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat. 

Salam,

 

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar