Sukses

Penyebab Mata Buram Setelah Terpukul

19 Oct 2014, 16:02 WIB
Pria, 18 tahun.
Selamat Malam dokter :) jadi gini dok, Kemarin siang saya bermain futsal dan saya terkena sepakan yang cukup keras ke arah mata kiri saya.dan pada saat itu juga mata saya buram kekuning kuningan , langsung saya pulang dan untuk pertolongan pertama saya teteskan obat mata dan langsung istirahat ( tidur ) saat terbangun mata saya sudah tidak buram lagi (hampir normal) walaupun masih ada sakit di sekitar mata , akan tetapi di saat saya lelah mata saya kembali buram hanya saja tidak separah saat pertama kejadian . Bagaimana pendapat dokter ? terimakasih

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Izinkan kami menjelaskan apa saja penyebab mata buram. Mata buram dapat disebabkan oleh berbagai hal, diantaranya ada benda asing pada mata, gangguan refraksi mata seperti mata minus atau infeksi mata. Mengingat Anda memiliki riwayat pukulan pada mata Anda, bisa jadi keburaman mata ini terkait dengan sepakan tersebut, walaupun hal ini masih memerlukan pemeriksaan langsung oleh dokter.

Kami belum dapat menyatakan penyebab pasti dari keluhan buram Anda. Namun jika benar terkait sepakan atau adanya pukulan, bisa jadi buram disebabkan oleh berbagai kemungkinan sebagai berikut:

  • Hifema: adanya perdarahan pada bilik mata depan. Hifema yang sudah banyak dapat menganggu penglihatan.
  • Trauma kornea: Akibat pukulan, bisa saja kornea atau lapisan terluar mata tergores dan menyebabkan keluhan buram
  • Gangguan di sepanjang media refraksi lainnya. Sepakan/ pukulan pada mata dapat saja menganggu posisi lensa mata dan menyebabkan keluhan buram.

Tentu terlalu dini untuk menyimpulkan penyebab keluhan Anda tanpa proses tanya jawab medis yang lengkap dan pemeriksaan mata. Karena itu, kami menyarankan Anda untuk kontrol ke dokter mata untuk memastikan apakah keluhan buram ini disebabkan oleh penyakit tertentu atau tidak ada kelainan yang serius yang mendasari.

Berikut kami lampirkan beberapa artikel terkait kesehatan mata untuk Anda baca:

9 Cara Menjaga Mata Agar Tetap Tajam dan Sehat! (2 Juli 2014)
Bermain Tetris Membantu Sindrom Mata Malas (1 Juli 2014)
Sindrom Mata Malas atau Amblyopia (1 Juli 2014)
Menyembuhkan Mata Juling Pada Anak (1 Juli 2014)
Pentingnya Pemeriksaan Mata Pada Penderita Diabetes (1 Juli 2014)

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam

Redaksi Klikdokter

 

 

0 Komentar

Belum ada komentar