Sukses

Mie Instan, Sehatkah?

19 Oct 2014, 23:25 WIB
Pria, 18 tahun.
Dok, sebenarnya Makan Mie Instan itu memang berbahaya karena ada zat yang merugikan atau karena gizi 1 bungkus Mie Instan itu memang minim sehingga tidak sehat dijadikan makanan pokok? Terima kasih.
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Pada dasarnya mie memiliki bahan dasar tepung terigu (gandum) yang termasuk di dalam golongan karbohidrat sehingga bisa menggantikan nasi. Namun yang kurang dari mie adalah kandungan seratnya yang sama sekali tidak ada. Makanan berserat tentu jauh lebih baik karena makanan yang tidak berserat akan diserap dan dijadikan lemak sehingga memudahkan seseorang menjadi obesitas. Obesitas sendiri dapat merembet ke berbagai penyakit seperti sumbatan pada jantung dan penyakit diabetes melitus.

Yang lebih perlu diwaspadai adalah kandungan MSG yang terdapat di dalam bumbu-bumbu mie. MSG banyak mengandung bumbu pengawet yang dapat menyebabkan alergi. MSG sendiri  di dalam beberapa penelitian disebutkan dapat menyebabkan kanker. Ada baiknya apabila Anda memasak sendiri mie tersebut, tanpa menggunakan bumbu instan untuk menghindari konsumsi MSG.

Karena kandunganya yang sebagian besar adalah karbohidrat, maka disarankan untuk memasak mie dengan menambahkan berbagai penganan lain di dalamnya sebagai sumber serat (wortel, kol, sawi), dan protein (telur, udang, ayam). Telur sendiri memang merupakan salah satu sumber protein yang baik untuk pertumbuhan anak. Namun perlu diingat bahwa kuning telur mengandung kolesterol yang cukup tinggi dan berperan di dalam pembentukan sumbatan di jantung. Telur baik untuk dikonsumsi asalkan tidak terlalu sering (3-4x/minggu).

Berikut adalah beberapa artikel untuk menambah pengetahuan Anda :

Semoga informasi yang diberikan dapat bermanfaat. (AN)

Salam,

Tim Redaksi Klik Dokter

0 Komentar

Belum ada komentar