Sukses

Nyeri Payudara Pada Wanita Menyusui

18 Oct 2014, 10:46 WIB
Pria, 28 tahun.
dokter istri saya lagi masa menyusui memasuki priode 3 bulan, sekitar 2 minggu ini terdapat benjolan yang mengeras disekitar puting susu sebelah kiri yang membuat payudara membengkak dan menyumbat asi disertai rasa sakit yang membuat badan seperti demam, untuk penangan pertama istri saya memijat dan mengkompres dengan air hangat disertai meminum obat ciprofloxacin dan ibuprofen yang disaran kan oleh dokter keluarga, namun hal tersebut tidak berhasil, rasa nyeri dirasakan istri saya hilang dan datang kembali ketika obat reaksi obat tersebut hilang, apakah itu sejenis penyakit atw kangker? apakah pembengkakan ini berpengaruh terhadap kualitas air susu? dan bagaimana cara mengatasinya? terimakasih.
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Klikdokter. 

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Payudara Istri Anda saat ini mengeras dikarenakan banyaknya produksi ASI di payudara. Selama ini ibu aktif memberikan ASI sehingga produksi ASI di payudara akan berjalan terus. Jika terjadi penghentian penghisapan ASI secara tiba-tiba tentunya akan menyebabkan produksi ASI menjadi menumpuk dan menyebabkan tegangnya payudara, hal ini juga dapat menyebabkan sumbatan pada saluran ASI. Kompreslah payudara Ibu dengan air hangat untuk mencegah ASI menggumpal dan menyebabkan mastitis (peradangan pada kelenjar payudara). Bila sudah tejadi mastitis mungkin perlu diberian anbiotioka. 

Nyeri puting payudara pada dasarnya dapat disebabkan oleh berbagai penyebab, mulai dari infeksi atau ada sumbatan kelenjar. Jika nyeri payudara disertai dengan kemerahan, nyeri, panas saat teraba bisa jadi hal ini diakibatkan infeksi payudara, yang dalam dunia kedokteran dikenal dengan istilah mastitis. Gejala-gejalanya yaitu payudara memerah dan terasa sakit jika disentuh disertai dengan keluarnya nanah dan darah dari puting payudara. Infeksi pada payudara biasanya terjadi pada payudara wanita yang telah menyusui, namun tidak menyingkirkan kemungkinan untuk timbulnya infeksi payudara pada wanita yang tidak menyusui. Infeksi payudara ini dapat terjadi akibat adanya luka pada payudara yang terinfeksi ataupun akibat adanya perluasan infeksi dari daerah sekitarnya (misal akibat hidradenitis supuratifa dari ketiak).

Untuk keluhan ini kami sarankan untuk berkonsultasi langsung ke dokter,  agar dapat dilakukan evaluasi lebih lanjut, baik pemeriksaan fisik maupun pemeriksaan penunjang yaitu USG Payudara untuk memastikan keluhan Anda.

Kami lampirkan beberapa artikel tentang kesehatan payudara untuk Anda baca:

Demikian informasi yang dapat kami sampaika. Semoga bermanfaat. (AN)

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar