Sukses

Kaki Tidak Sama Panjang

08 Sep 2014, 16:08 WIB
Wanita, 16 tahun.
assalamualaikum dok, saya mau melengkapi pertanyaan saya sebelumnya. saya tidak pernah mengalami kecelakaan sebelumnya dan tidak memiliki riwayat polio. dulu saya juga bingung saat pertama mengetahui kaki kiri yang sedikit lebih panjang. bagaimana dok cara menyeimbangkan kembali selain jalan operasi? trmksh

Ibu/Saudari yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Halo! Keluhan Anda adalah tentang kaki kiri yang sedikit lebih panjang, tanpa riwayat trauma/kecelakaan ataupun polio. 

Apakah sudah pernah dirontgen daerah tulang belakang (punggung hingga pinggang)?

Untuk mengetahui penanganan yang tepat maka terlebih dahulu perlul diketahui mengenai penyebab keluhan Anda dengan pemeriksaan fisik langsung dan pemeriksaan penunjang seperti rontgen. Jika kondisi ini sudah berlangsung sejak Anda lahir dan tidak ada riwayat trauma, maka perlu dilakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang untuk mengetahui kondisi tulang belakang Anda.

Kedua tungkai tidak sama panjang dapat disebabkan oleh berbagai kelainan, misalnya kelainan tulang belakang (skoliosis). Skoliosis merupakan kondisi di mana tulang belakang (vertebra) tidak lurus / miring. Hal ini menyebabkan panjang tungkai dapat berbeda. Apakah bahu Anda tingginya simetris atau ada yang lebih tinggi?

Tungkai tidak sama panjang juga dapat disebabkan karena kelainan pada sendi panggul. Misalnya terdapat peradangan sendi panggul, atau juga dapat terjadi karena trauma atau kecelakaan atau kondisi sendi panggul yang tidak simetris atau infeksi dan peradangan.

Sebelum sampai ke tatalaksananya, maka diperlukan diagnosis dulu yang tepat. Apakah Anda sudah pernah berobat ke dokter? Bila belum kami menyarankan agar Anda berkonsultasi ke dokter terlebih dulu, bila perlu ke dokter spesialis ortopedi (tulang). 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. 

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar