Sukses

Benjolan pada Pangkal Lidah

20 Oct 2014, 08:17 WIB
Pria, 26 tahun.
Bapak/Ibu Dokter, di pangkal lidah saya ada dua benjolan yang kalau disentuh tidak nyeri. Dan juga saya merasa tidak nyaman di leher, tetapi saya tidak mengalami sakit saat menelan. Mohon Bapak/Ibu Dokter dapat memberi sedikit penjelasan atas gejala yang saya alami. Terima kasih, Dok.
drg. Arni Maharani

Dijawab Oleh:

drg. Arni Maharani

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Saya turut prihatin atas kondisi yang Anda alami. Kelaian berupa benjolan yang Terdapat pada pangkal lidah Anda dapat terkait berbagai macam kondisi atau penyakit tertentu, untuk memastikan penyebabnya diperlukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter gigi guna memastikan ukuran, warna, bentuk, dan hal lainnya. Dan selain itu juga diperlukan anamnesa atau tanyajawab mengenai hal-hal seperti sejak kapan terjadinya, apakah Anda mengingat pencetusnya, dan sebagainya sehingga didapatkan informasi yang lebih lengkap.

Perlu Anda ketahui bahwa segala macam kelainan dalam rongga mulut seperti ulkus, lesi, benjolan, vesikel, luka, perubahan warna dan lainnya bisa saja disebabkan oleh penyakit atau kelainan dari rongga mulut itu sendiri atau penyakit sistemik seperti diabetes, kanker, HIV/AIDS dan masih banyak lagi, namun juga bisa berupa variasi normal rongga mulut atau alergi.

Sebaiknya periksakan keadaan ini guna mengetahui secara pasti dari penyebabnya dan dapat dilakukan penanganan yang tepat.

Demikian informasi yang dapat saya berikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar