Sukses

Gusi Bengkak Pada Batita

10 Sep 2014, 23:59 WIB
Wanita, 28 tahun.
Malam Dok... Anak saya umur 1thn 5 bln, sudah 1 bulan lebih tidak mau makan nasi. Setiap saya suapi nasi. 2-3 suap pasti dimuntahkan kembali. Itu berlangsung sejak 1 hari menjelang idul fitri kemarin. Saya khawatir anak saya lemas jd selama ini saya hanya memberikan kue-kue saja, tp kalo jus buah anak saya masih suka. Dan setiap kali saya membersihkan rongga mulutnya dengan kain kasa saya sering merasakan gusi anak saya banyak yang bengkak, bahkan gusi dibagian bawah sudah terlihat ada putih-putih atau gigi yang akan keluar. Kalo soal demam kadang anak saya demam tp tidak terlalu tinggi. Yang saya ingin tanyakan apakah kebiasaan tidak makan nasi akan mempengaruhiinya?? Berapalama dok, gigi itu akan tumbuh? Krn banyak sekali gusi yang sudah bengkak. Terimakasih dok atas waktu dan jawabannya...

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Lima tahun pertama kehidupan atau usia balita memang adalah usia yang sangat menentukan masa depan sang buah hati. Pasalnya, di usia inilah ia mengalami pertumbuhan otak yang paling pesat sehingga membutuhkan zat gizi makro (karbohidrat, lemak dan protein) dan zat gizi mikro (vitamin dan mineral). Asalkan kandungan zat gizi terpenuhi, tidak ada salahnya untuk mengganti nasi dengan sumber karbohidrat lainnya seperti kentang, roti, ubi jalar, singkong, dan lain-lain. Pastikan si kecil mendapatkan masing-masing zat gizi dengan bentuk yang bervariasi untuk penyerapan nutrisi dalam tubuh yang maksimal.

Secara teori, pertumbuhan gigi susu pada balita terjadi di rentang usia 6 bulan hingga 3 tahun. Kemunculan gigi-gigi tersebut mempunyai waktunya masing-masing dan urutan dari kemunculannya tersebut tidak tergantung dari urutan berdasarkan susunannya dalam mulut. Apakah anak Anda belum tumbuh gigi sama sekali pada usianya yang sekarang? Bila belum maka sebaiknya diperiksakan ke dokter gigi dan juga guna memastikan kesehatan rongga mulutnya.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar