Sukses

Keguguran Karena CMV dan Rubella

18 Oct 2014, 18:24 WIB
Wanita, 24 tahun.
dear dokter.. saya mau tanya soal kandungan. begini dokter, dua bulan yang lalu saya terpaksa melahirkan anak yang saya kandung dikarenakan meninggal dlam kandungan usia 6 bulan kehamilan. cerita pada saat itu cadebay sudah tidak bergerak2, jadi saya khawatir maklum kehamilan pertama jadi besok malam nya sy chek ke dokter, pas di usg dokter bilang janin saya sudah meninggal. hanya tuhan lah yang tahu bagaimana hancurnya persaan saya saat itu, nah besok nya saya harus melahirkan dengan cara di induksi atau di ransang. nah dokter yg biasa menangani saya heran kenapa bisa sampai meninggal, padahal saya tidak kerja, tidak cape dan tidak ada jatoh mana tiap bulan rutin di chek dokter. oh ya saya sempat berpuasa 3 hari waktu itu dokter karna waktu itu kejadiannya di bulan puasa. yang saya ingat pas janin dikeluarkan terlilit tali pusar dan talinya cukup panjang kata suster yang menangani saya. nah singkat cerita sekarang saya mau program lg, lalu saya dan suami mencoba konsult ke dokter yg lain lg yang belum pernah kami kunjungi. lalu sy ceritakan masalah saya, lalu dokter langsung sarankan untuk di chek di lab prodia. saat hasil lab sdh ada ternyata hasil lab saya rubela dan cmv yang igg nya positif igm dua-duanya negatif. lalu saya dikasih obat katanya terapi untk 2 virus itu, yang mau saya tanyakan kapan waktu yang baik untuk progam lg dokter? apakah virus 2 ini bisa hilang dokter? apakah bisa igg nya jadi negatif? terima kasih sebelumnya dokter.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi klikdokter.

Nilai IgG + biasanya menunjukkan infeksi lampau sedangkan jika IgM anda + menunjukkan infeksi saat ini. Dari hasil pemeriksaan Anda, didapatkan IgG rubella (+), IgM rubella (-), IgG CMV (+), IgM CMV (-). Artinya Anda pernah mengalami infeksi rubella dan citomegalovirus.

Bagi penderita yang sudah pernah terkena infeksi rubella sebelumnya maka tubuh akan membentuk sistem pertahanan (sistem imun) untuk melindungi diri dari infeksi ulang rubella. Sistem pertahanan tubuh ini ditandai dengan adanya hasil IgG anti-rubella yang positif, yang menunjukkan bahwa tubuh sudah pernah mendapatkan infeksi rubella sebelumnya. Karena merupakan sebuah pertanda, maka IgG yang positif tidak akan pernah berubah menjadi negatif. Dengan adanya sistem pertahanan tubuh terhadap rubella ini maka kalaupun terjadi infeksi ulang maka biasanya gejala yang ditimbulkan akan lebih ringan.

Biasanya jeda waktu yang diperlukan untuk hamil lagi setelah proses keguguran adalah 3 bulan. Berikut adalah beberapa tips untuk menjaga kesehatan kehamilan dan mencegah terjadinya keguguran berulang:

  • Lebih ketatlah dalam memantau kehamilan. Pemeriksaan kehamilan yang teratur dapat terus memantau kondisi Ibu dan Janin sehingga segala macam kelainan dapat dideteksi secara dini
  • Ubahlah pola hidup anda menjadi lebih sehat dengan memakan makanan bergizi seimbang
  • Konsumsi asam folat dan vitamin sesuai kebutuhan dalam kehamilan
  • Istirahat teratur
  • Berhenti merokok, hindari asap rokok dan minum alkohol  
  • Hindari konsumsi obat-obatan yang dijual bebas. Minumlah obat sesuai indikasi Dokter.

Berikut beberapa artikel yang dapat menambah pengetahuan Anda:

Semoga informasi ini bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar