Sukses

Kanker Darah

19 Oct 2014, 23:31 WIB
Pria, 21 tahun.
penyakit kangker darah itu di sebabkan oleh apaya dok? dan apa penyakit seperti itu menurun ke anaknya dok..? #terima kasih dokter

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Kanker darah pada umumnya berawal dari sumsum tulang, tempat darah diproduksi. Sejatinya stem sel di dalam sumsum tulang yang matang dapat berkembang menjadi tiga jenis sel darah, yaitu sel darah merah, sel darah putih dan platelet. Adanya sel kanker menyembabkan pembentukkan sel darah normal terganggu, sehingga fungsi darah untuk melawan infeksi dan mencegah perdarahan serius pun gagal terlaksana.

Secara garis besar, kanker darah dapat dibagi menjadi 3 jenis :

1. Leukemia

Jenis kanker yang menyerang sumsum tulang belakang dan menyebabkan produksi sel darah putih, sel darah merah serta trombosit terganggu. Gangguan inilah yang menyebabkan berkurangnya sel darah normal, meningkatkan jumlah sel darah putih abnormal dan menyebabkan tubuh gagal untuk mempertahankan diri melawan infeksi.

2. Limfoma

Jenis kanker darah yang mempengaruhi sistem limfatik. Limfosit adalah sel darah putih yang bertugas untuk melawan infeksi, dan limfosit abnormal berkembang biak, berkumpul di kelenjar getah bening dan jaringan lainnya. Lambat laun sel kanker yang tersebar akan merusak sistem kekebalan tubuh.

3. Myeloma

Jenis kanker darah yang berasal dari sel plasma. Sel plasma adalah sel darah putih yang dihasilkan sumsum tulang untuk menghasilkan antibodi guna melawan infeksi. Sel kanker yang berkembang biak pada sumsum tulang membuat tubuh lemah, renan terhadap infeksi dan tidak dapat menjalani kehidupan normal.

Banyak faktor yang diduga berpengaruh dalam perkembangan kanker darah, yaitu radiasi, bahan kimia, infeksi virus tertentu (termasuk HIV) hingga faktor genetik.

Semoga penjelasan ini bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar