Sukses

Terapi Hipertiroid dan Kehamilan

20 Oct 2014, 10:30 WIB
Wanita, 24 tahun.
Dokter, Saya ingin bertanya. Mengapa pasien hipertiroid yang sedang dalam pengobatan iodium radioaktif tidak boleh hamil setidaknya selama 6 bulan? Apa resiko yang ada jika pasien ternyata hamil sebelum bulan keenam setelah diberikan iodium radioaktif tersebut?

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Hipertiroid merupakan manifestasi atau gejala yang timbul akibat kelenjar tiroid yang hiperaktif. Terdapat beberapa penyebab hipertiroid, yaitu:

  1. Penyakit graves (tersering)
  2. Adenoma toksik
  3. Karsinoma tiroid
  4. Gondok multinodusa toksik
  5. Tiroiditis subakut
  6. Obat (yodium, litium), dsb

Prinsip pengobatan pada pasien hipertiroidisme tergantung dari penyebab hipertiroidisme tersebut, usia pasien, riwayat alamiah perjalanan penyakit, tersedianya terapi atau tidak, risiko pengobatan, dsb. Kelompok besar pengobatan hipertiroidisme sendiri dapat dibagi menjadi tiga, yaitu:

  1. Obat anti tiroid minum (tirostatika)
  2. Operasi (Tiroidektomi)
  3. Penggunaan zat radioaktif (yodium radioaktif)

Iodium radioaktif tidak boleh diberikan pada wanita hamil atau menyusui, karena iodium radioaktif dapat melewati plasenta dan dikeluarkan melalui kelenjar susu, sehingga dapat merusak kelenjar tiroid pada janin atau bayi dan mengakibatkan hipotiroid. Itulah kenapa terapi ini tidak disarankan untuk wanita yang usia kehamilannya belum mencapai 6 bulan.

Semoga penjelasan ini bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar