Sukses

Penambalan dan Pencabutan Gigi

19 Oct 2014, 04:36 WIB
Wanita, 31 tahun.
dok...gigi graham atas saya berlubang tanpa sy sadari...dan baru ketahuan beberapa minggu terakhir tpi lubangnya dh besar dok....tpi blm seluruh permukaan gigi habis..dan gigi sy tidak goyang....masih kuat...yg sy tanyain...apakah klo ditambal gigi sy tidak skit lgi stlh ditambal..trus klo dicabut apakah berpengaruh ke urat syarap mata dok..mohon penjelasannya..terima kasih
drg. Arni Maharani

Dijawab Oleh:

drg. Arni Maharani

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Hal yang utama dalam tindakan pencabutan adalah  dokter gigi melakukan pencabutan sesuai dengan prosedur standar dari mulai anestesi (pembiusan) hingga pencabutan gigi, sangat kecil kemungkinannya terjadi efek samping yang membahayakan. Efek samping pada saat proses pencabutan seperti perdarahanan, syok, pusing, pingsan, atau pegal dan mual bisa terjadi pada kondisi-kondisi tertentu. Misal pada penderita darah tinggi yang tidak terkontrol dan pada saat pencabutan tekanan darah sedang naik/tidak normal. Bisa juga pada penderita kelainan darah seperti hemofilia, atau  pada penderita yang cemas berlebihan dan pada saat kondisi belum makan hingga menjadi lemas. Gigi yang sudah berlubang besar atau tinggal akar gigi saja sebetulnya tidak masalah, asalkan gigi tersebut normal. Maksudnya bentuk akar gigi normal, dan tidak dalam keadaan sakit atau gusinya bengkak. Harus diluruskan mengenai efek negatif pencabutan gigi terhadap mata adalah tidak benar.

Pada intinya adalah beritahukan riwayat penyakit Anda pada dokter gigi yang akan melakukan pencabutan.  Efek samping jangka panjang, di mana gigi sebelahnya akan cenderung miring dan ke arah gigi yang hilang, dan jika yang dicabut adalah gigi bawah maka biasanya gigi atas akan turun karena gigi lawan sudah tidak ada. Idealnya gigi tersebut harus dibuatkan gigi tiruan. Namun dokter gigi yang merawat Anda akan memutuskan apakah gigi tersebut betul-betul harus dicabut atau tidak, karena sebisa mungkin gigi harus dipertahankan selama mungkin di dalam mulut.

Mengenai Penambalan pada gigi yang berlubang perlu Anda ketahui bahwa pada prinsipnya gigi yang berlubang harus dilakukan perawatan dan jangan dibiarkan, apalagi ditunggu sampai ada keluhan atau rasa sakit. Perawatan pada gigi berlubang dilakukan tergantung dari kondisi lubang pada gigi itu sendiri seperti kedalam, letak, luasnya lubang serta gigi mana yang mengalami lubang tersebut dan dapat dilakukan dengan penambalan atau perawatan lainnya. Pada gigi yang berlubang dimana keadaannya sudah tidak memungkinkan dilakukan perawatan guna mempertahankan keberadaan dan fungsi gigi tersebut didalam rongga mulut maka pilihannya adalah pencabutan.

Resiko dari pembiaran gigi yang telah mengalami gangguan atau lubang adalah lubang dapat bertambah dalam dan gigi kemudian menjadi mati/nonvital. Selanjutnya bilamana gigi yang telah nonvital ini tetap dibiarkan maka dapat menimbulkan infeksi dan tempat masuknya kuman kedalam tubuh. Sehingga tujuan dari perawatan penambalan dari gigi berlubang ada untuk mencagah terjadinya kerusakan yang lebih lanjut dari gigi serta mencegah timbulnya gangguan berupa rasa sakit yang dapat terjadi, baik akibat infeksi atau karena hal lainnya.

Berikut artikel terkait yang dapat Anda baca

Rupa-rupa Tambalan Gigi

Gigi berlubang, Jangan Takut Bor

Gigi Berlubang: Cabut atau Rawat?

Penyebab Gigi Berlubang?

Gigi Berlubang: Cabut atau Rawat? (20 September 2010)

Pentingkah mengganti gigi yang sudah dicabut dengan gigi tiruan?

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar