Sukses

Malam Pertama Tanpa Darah

19 Oct 2014, 14:10 WIB
Wanita, 21 tahun.
Selamat Pagi Dokter. Saya ingin bertanya. Dokter, apakah benar seorang gadis yang dipastikan masih 'Perawan' saat berhubungan intim untuk yang pertama kalinya pasti disertai dengan darah..? Dan jika tidak, Kenapa yah.,?' Saya pribadi, baru memulai dengan suami saya, dan sakit, sangat perih dan terasa panas yang saya rasakan, belum ada kenikmatan dalam hubungan itu dokter,hingga timbul dalam pikiran ini 'untuk jera'. ditambah lagi pertanyaan suami saya, "Kok, aku gak melihat darah..???" Kepercayaan diri ini langsung hilang... Terima Kasih..

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Dua konsep yang dimiliki masyarakat berkaitan dengan keperawanan perempuan adalah: (1) Hilangnya keperawanan ditandai oleh robeknya himen perempuan, dan (2) Hilangnya keperawanan karena telah berhubungan intim untuk pertama kali. 

Himen merupakan membran tipis yang ada di dekat bukaan vagina, bagian tengahnya bolong sehingga darah menstruasi dapat keluar. Sebetulnya, himen perempuan dapat robek walau tidak melakukan hubungan intim, yaitu karena kecelakaan, aktivitas seperti naik kuda, senam, bersepeda, penggunaan tampon, masturbasi. Bahkan ada juga perempuan yang tidak memliki himen.

Seperti yang telah dijelaskan di atas, bahwa himen dapat robek tanpa disertai perdarahan maka hubungan intim pada malam pertama tidak selalu harus disertai dengan perdarahan. Atau jika memang robekannya kecil sehingga hanya menyebabkan sedikit perdarahan maka perdarahan yang nyata dapat saja baru muncul beberapa jam kemudian. Bisa jadi, karena proses robeknya himen inilah, Anda merasakan keluhan sakit, perih dan panas. Hal tersebut termasuk wajar.

Karena itu, walaupun himen yang utuh mengindikasikan bahwa perempuan itu masih perawan, namun himen yang tidak utuh bukan berarti ia tidak perawan. Ada juga keadaan dimana perempuan sudah berhubungan intim, namun himennya masih utuh, yang disebut himen yang elastis. Karena itu konsep yang perlu digunakan di sini adalah keperawanan hilang saat seseorang melakukan hubungan intim.

Berikut kami sertakan beberapa artikel yang sekiranya dapat bermanfaat bagi Anda:

Selaput Dara dan Tes Keperawanan

Beda Negara, Beda Konsep Keperawanan

6 Mitos Malam Pertama

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu.

Salam,

Tim Redaksi Klik Dokter

0 Komentar

Belum ada komentar