Sukses

Berat Badan Ideal

06 Sep 2014, 10:43 WIB
Pria, 18 tahun.
Dok saya mahasiswa 18 tahun TB 167cm BB 65kg, dulu ketika SD saya memiliki tubuh gendut, namun menyusut ketika SMP dan SMA hingga sekarang, namun kenapa bagian paha saya masih terlihat besar dok? dan membuat kaki saya terlihat pendek, apalagi saya juga kurang PD dengan ukuran pantat saya yang besar dan sepertinya juga penuh dengan sisa lemak. Apakah ada cara untuk mengurangi sisa lemak di paha dan pantat dok? karena bagian tubuh saya yang atas sudah cukup proporsional untuk pria seumuran saya. Mohon Bantuannya Terima Kasih.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Salah satu cara mengetahui berat badan ideal Anda adalah dengan menghitung Indeks Massa Tubuh (IMT). Untuk lebih mudahnya gunakan kalkulator BMI atau pun Kalkulator kalori dari klikdokter, agar mengetahui dengan pasti kondisi tubuh Anda.

Untuk mencapai berat badan ideal, Anda dapat melakukan kombinasi olah raga dengan pola makan gizi seimbang. Olah raga yang dapat diterapkan adalah yang bersifat aerobik seperti lari, renang, bersepeda ataupun yang bersifat pembentukan seperti sit up, push up, dan latihan beban. Jika dilakukan secara teratur selama 30-60 menit, minimal 3x/minggu, ditunjang dengan pola makan seimbang, tentunya akan ada perubahan pada bentuk tubuh. Intinya adalah kedisiplinan yang tinggi.

Hilangkan keinginan untuk menurunkan berat badan dalam waktu singkat, karena penurunan berat badan yang terlalu cepat dapat berpotensi mendatangkan penyakit. Penurunan berat badan yang wajar adalah sekitar 0,5 kg/minggu atau 2-2,5 kg/bulan. Untuk diet, yang harus dilakukan adalah mengurangi jumlah kalori dalam sehari. Tetap usahakan setiap kali anda makan ada unsur kabohidrat (roti gandum, kentang), hindari makanan gorengan, minuman dan makanan yang terlalu manis, garam, konsumsi banyak air putih, perbanyak lauk dengan ikan, perbanyak sayur dan buah, hindari makanan dari kaleng atau fast food (sosis, kentang goreng, nugget), hindari jajanan manis (bila lapar, dapat pilih snack berupa buah atau sayur yang manis). Coba masukkan buah yang manis sebagai salah satu menu sarapan Anda untuk menghindari rasa lapar di waktu makan siang, serta hindari porsi besar di waktu makan malam.

Untuk hasil yang optimal, silahkan konsultasikan hal ini dengan Dokter Spesialis Gizi. Berikut beberapa artikel mengenai berat badan ideal dan jenis makanan sehat yang dapat dicoba dalam kehidupan sehari-hari:

Perlukah Menurunkan Berat Badan?

10 Makanan Turunkan Berat Badan

Snack Malam Tingkatkan Berat Badan

Nyemil Saat Malam Hari Membuat Gemuk?

Silahkan kunjungi Rubrik Gizi yang kami miliki untuk panduan beberapa jenis makanan dan kalorinya. Selain itu Anda juga dapat memperhatikan label makanan pada setiap kemasan untuk mengetahui jumlah kalori dan kandungan nutrisi pada setiap produk makanan yang Anda beli.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam, 
Tim Redaksi Klik Dokter


0 Komentar

Belum ada komentar