Sukses

Mata Anak Belekan, Apa Obatnya?

16 Oct 2014, 14:52 WIB
Wanita, 26 tahun.
Selamat malam dokter, Anak saya perempuan umur 15 bulan sedang sakit mata. Matanya selalu berair dan belekan terus dok. Sudah dari hari rabu kemarin sakitnya belum sembuh juga. Obatnya apa ya dokter? Mohon dibalas ya dok.
dr. Adithia Kwee

Dijawab Oleh:

dr. Adithia Kwee

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Sangat disayangkan Anda tidak mendeskripsikan secara detail seperti apa 'belekan' yang terjadi pada anak Anda dan tidak memberikan informasi yang lengkap bagi kami. Belekan dapat diakibatkan oleh beberapa hal diantaranya infeksi bakteri maupun virus.

Mata kotor atau belekan (mengeluarkan sekret) merupakan salah satu gejala dari kelainan konjungtiva mata. Apabila sekretnya cair maka kemungkinan disebabkan oleh virus atau alergi, bila sekret purulen atau berwarna kekuningan maka disebabkan oleh bakteri, apabila sekret serosa (tidak terlalu  kental) maka disebabkan oleh adenovirus. Dan apabila sekret lengket dan memanjang bila ditarik maka kemungkinan disebabkan oleh alergi atau vernal.

Penanganan mata yang kotor pada mata (belekan) akan disesuaikan dengan penyebabnya. Belekan juga berbahaya karena dapat dengan mudah menular, baik dari mata kiri ke mata kanan, ataupun kepada orang lain. Oleh karena itu kami sarankan Anda membawa anak Anda ke dokter spesialis mata untuk pemeriksaan secara langsung. Anda juga dapat membersihkan selalu mata anak Anda terutama pagi hari dengan kapas yang dibasahi dengan air hangat, lakukan pemijatan lembut pada sekitar pangkal mata dekat pangkal hidung dan hindari menyentuh mata dengan tangan kotor.

Baca pula artikel artikel berikut untuk menambah informasi Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (AK)

Salam,


Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar