Sukses

Batuk Disertai Darah, Apa Yang Harus Saya Lakukan?

20 Oct 2014, 09:33 WIB
Pria, 18 tahun.
Dok apakah ada batuk berdahak disertai darah (sedikit) itu disebabkan oleh radang tenggorokan, bukan karena TBC/paru-paru ?, karena saya sudah tes dahak dan hasilnya negatif (tidak ada gejala TBC/paru-paru), tetapi dalam pemeriksaan darah yang dilakukan 3 minggu (-/+) sebelum tes dahak ada gejala flek. Mohon penjelasanya ! Terimakasih.
dr. Adithia Kwee

Dijawab Oleh:

dr. Adithia Kwee

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari Klikdokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan mengenai batuk yang tidak kunjung sembuh dan disertai darah merupakan salah satu gejala dari flek paru - paru (TB Paru). Didalam mendiagnosa kelainan paru seperti ini pemeriksaan foto rontgen dada merupakan indikator awal, dan perlu didukung oleh tes dahak, dan tes lainnya. Selain mengeluh batuk berdahak yang tidak sembuh, penderita TB biasanya juga memiliki gejala-gejala penyerta lainnya, seperti :

  • Demam yang tidak terlalu tinggi, terutama di malam hari. Demam ini dapat berlangsung terus menerus, dapat juga hilang timbul
  • Terdapat keringat malam
  • Penurunan berat badan
  • Badan terasa lelah dan lemas
  • Batuk berdahak kadang disertai dengan darah. 

Jika Anda juga memiliki gejala-gejala seperti yang telah disebutkan di atas, sebaiknya Anda segera memeriksakan diri Anda ke dokter spesialis paru atau spesialis penyakit dalam. Dokter akan melakukan beberapa jenis pemeriksaan, seperti pemeriksaan lab darah, pemeriksaan dahak ulang dan tes lainnya guna menegakkan diagnosis. Penyakit TB harus segera ditatalaksana dengan tepat dan menyeluruh. TB yang tidak diobati atau diterapi dengan tepat akan menimbulkan berbagai komplikasi seperti batuk berdarah, penyebaran infeksi TB ke organ di luar paru, dan bahkan dapat menimbulkan kematian.

Selain itu, Anda perlu memperhatikan faktor apa saja yang membuat Anda menjadi sering batuk, apakah ada faktor di sekitar lingkungan yang membuat Anda menjadi batuk terus-menerus, misal: debu, bulu binatang peliharaan, udara yang terlalu dingin dan lembab, bulu dari pakaian, merokok, dsb. Terdapat kemungkinan bahwa benda-benda tertentu dapat menyebabkan batuk pada diri Anda, dan yang perlu Anda lakukan adalah dengan melakukan penghindaran terhadap benda-benda tersebut.

Berikut kami lampirkan artikel sebagai tambahan informasi:

Demikian informasi yang dapat Kami berikan. Semoga bermanfaat (AK)

Salam,

 

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar