Sukses

Gigi Tiruan Jembatan ?

18 Oct 2014, 23:48 WIB
Wanita, 31 tahun.
Dok sy mau tanya, gigi sy dicabut 2 dan bersebelahan, posisinya didepan, bs ga Dok dipasang gigi tiruan jembatan, thanks
drg. Arni Maharani

Dijawab Oleh:

drg. Arni Maharani

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Untuk kasus satu atau dua gigi yang hilang, dalam hal ini gigi tersebut adalah gigi depan, maka ada beberapa alternatif perawatan. Yang paling umum dilakukan adalah pembuatan gigi tiruan jembatan (bridge), di mana gigi di sebelah gigi yang hilang diasah dan dibuatkan mahkota tiruan yang disemenkan ke gigi yang diasah tersebut menggunakan semen kedokteran gigi, seperti diilustrasikan dengan gambar di bawah ini.

Gigi tiruannya dapat terbuat dari bahan keramik khusus kedokteran gigi, atau kombinasi keramik dengan logam, dan ada juga yang terbuat dari logam emas. Namun perlu dipertimbangkan juga berapa banyak gigi yang akan digantikan,makin banyak gigi hilang maka disain gigi tiruan jembatan perlu direncanakan dengan matang dan juga diperlukan pemeriksaan untuk memastikan kondisi dari jaringan sekitarnya. Dokter gigi umum dapat membuatkan gigi tiruan jembatan namun pada kasus yang sulit sebaiknya perawatan dilakukan oleh dokter gigi spesialis prosthodontist yang lebih mendalami bidang gigi tiruan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan,semoga dapat membantu Anda.

Salam,

 

0 Komentar

Belum ada komentar