Sukses

Mengatasi Kebotakan, Perut Buncit & Menurunkan Berat Badan

16 Oct 2014, 15:48 WIB
Pria, 26 tahun.
Siang dr.. Ini saya mau tanya dok: 1.dok cara menumbuhkan rambut kepala yang rontok gmn ya,terus kalau pakai shampo shmponya apa dan kalau pakai obat obatnya apa? 2.selain masalah di atas juga ketombe dah lama..cara pnyembuhannya gmn?? 3.dok ni pertanyaan terakhir.. cara mengatasi perut buncit gmn serta Cara menuruni bb yg cpt.. kalau pkai obat obatnya jnis apa dok untuk mengatasi masalah buncit dan bb turun scara cpt. Sebelumnya maaf bnyk pertanyaan.. Terima kasih..

Terima kasih atas pertanyaan Anda dan akan coba menjawab pertanyaan Anda

1. Dok bagaimana cara menumbuhkan rambut kepala yang rontok gmn ya,terus kalau pakai shampo shmponya apa dan kalau pakai obat obatnya apa?

 

Kerontokan rambut yang disebabkan oleh faktor keturunan disebut dengan alopesia androgenika/alopesia areata dan akan dimulai secara bertahap dari bagian depan terus ke belakang.  Pada kerontokan awal, akan terlihat pola huruf M pada kepala. Jika kerontokan terus berlanjut maka akan membentuk huruf U dan dahi akan terlihat lebih lebar. 

Alopesia areata adalah jenis kebotakan yang paling banyak terjadi pada pria maupun wanita. Alopesia areata dapat menyerang semua usia. Beberapa penyebabnya adalah:

Bagaimana cara mengatasinya?
Alopesia areata merupakan kondisi yang tidak dapat diprediksi. Banyak kasus dengan bercak kebotakan dapat tumbuh kembali (sembuh spontan) dalam beberapa bulan tanpa pengobatan apapun. Beberapa pilihan terapi yang dapat diberikan adalah:

  • Suntikan Kortikosteroid
    Injeksi kortikosteroid intralesi merupakan terapi lini pertama untuk alopesia terlokalisasi. Pertumbuhan rambut mulai tampak dalam 4-6 minggu pada pasien yang responsif. Pasien dengan alopesia yang luas dan lama cenderung memiliki respons terapi yang kurang bagus. Obat yang paling banyak digunakan adalah Triamcinolone acotonide (Kenalog) yang disuntik setiap 4 minggu.

  • Krim Olesan Kortikosteroid
    Krim topikal fuocinolone acetonide 0,2% yang dioleskan 2 kali per hari menunjukkan respons yang bagus pada 61% pasien. Terapi dilakukan selama minimal 3 bulan.

  • Minoxidil
    Efektif diberikan pada pasien alopesia areata yang ekstensif (kerontokan 50-90%), namun memiliki manfaat yang kecil pada alopesia universalis dan totalis. Minoxidil diteteskan ke bercak yang mengalami kebotakan dua kali sehari. Pertumbuhan rambut awal akan muncul dalam 12 minggu. Efek samping berupa iritasi dan rambut yang tumbuh berwarna kemerahan.

  • Imunoterapi topikal
    Substansi yang biasanya digunakan adalah diphencyprone (DPCP). Obat ini deiberikan pada kulit yang terkena alopesia dengan tujuan menimbulkan reaksi mirip alergi dan memicu pertumbuhan rambut. Pertumbuhan rambut mulai tampak pada minggu ke 12-24.

  • Psoralen with ultraviolet A light (PUVA)

  • Penggunaan wig

Cara lain yang lebih permanen dan seringkali memberikan hasil baik, adalah transplantasi rambut. Metode ini dilakukan dengan memindahkan folikel rambut dari daerah yang lebat dan masih bertumbuh ke daerah yang botak. Kami sarankan Anda mengunjungi dokter spesialis kulit dan kelamin untuk diagnosis jenis dan derajat penipisan rambut Anda, dan mendiskusikan pilihan penanganan yang paling sesuai untuk Anda.

Untuk serba-serbi mengenai Kebotakan, kami sertakan artikel yang berjudul: 

Kebotakan

Stres Sebabkan Kebotakan

Mengatasi Kebotakan

Makanan Pencegah Rambut Rontok

Solusi Kebotakan dengan Transplantasi Rambut


2. Selain masalah di atas juga ketombe sudah lama dan cara penyembuhannya bagaimana ?

Pengobatannya adalah dengan menghindari faktor pencetus dan pemberian obat-obatan. Apabila memang ketombe Anda disebabkan oleh jamur, maka Anda dapat memakai produk shampo antijamur yang mengandung Zinc pyrithione, Selenium sulfide, dan Ketoconazole. Shampo ketokonazole lebih efektif dibandingkan Zinc pyrithione. Selenium sulfida juga sering dipakai. Selenium sulfid digunakan dalam bentuk shampo, pemakaiannya dianjurkan 2-3 kali dalam seminggu selama  minimal 1 bulan. Setelah rambut dibasahi dan dioleskan sampo, diamkan selama 5 menit, setelah itu bilas. Pada kasus peradangan yang lebih berat mungkin akan membutuhkan tambahan kortikosteroid atau obat jamur oral, namun hal ini hanya diberikan oleh dokter yang memeriksa.


3. Cara mengatasi perut buncit gimana serta cara menuruni berat badan yang cepat, kalau pakai obat obatnya jenis apa dok untuk mengatasi masalah buncit dan berat badan turun secara cepat.

Perut buncit diakibatkan berlebihnya lemak visceral didalam tubuh. Penyebabnya karena kelebihan kalori, pola makan yang tidak teratur dan kurangnya olahraga.

Untuk mengecilkan perut, Anda dapat melakukan olah raga. Olah raga sebaiknya dilakukan bertahap.

Hal ini ditujukan untuk memberikan kesempatan kepada otot tubuh anda untuk beradaptasi terlebih dahulu. Olahraga dapat dimulai dengan melakukan olahraga aerobik, seperti jogging, bersepeda, dll yang memiliki intensitas ringan hingga sedang. Jangan lupa untuk melakukan pemanasan otot terlebih dahulu. Untuk olahraga ketahanan seperti angkat beban dan alat-alat lain untuk mengencangkan otot-otot tubuh, misal otot perut, lakukanlah mulai dari intensitas ringan terlebih dahulu baru dinaikkan secara bertahap. Jangan terburu-buru dan terlalu memaksakan diri. Diperlukan kesabaran dan latihan teratur untuk mengencangkan kembali otot perut Anda. 

Anda juga perlu mengatur asupan kalori dan mengatur waktu beristirahat. Diet yang dianjurkan adalah diet rendah lemak, tinggi serat, tinggi karbohidrat kompleks, dengan protein. Perbanyak buah dan sayur, kurangi jenis karbohidrat simpleks seperti nasi putih, dan roti putih. Anda dapat mengonsumsi beras merah atau roti gandum sebagai pengganti karbohidrat simpleks. Batasi makanan gorengan dan perbanyak makanan rebus, kukus, atau panggang. Gunakan minyak zaitun dalam jumlah sedikit apabila ingin menumis sayuran. Jangan makan makanan instan seperti sosis, sarden, kornet, dll. Sebaiknya setelah pukul 18.00, Anda tidak lagi mengkonsumsi makanan dengan kalori tinggi. Perbanyak minum air putih (minimal 8 gelas sehari). Dan saran yang terakhir adalah berolahragalah terutama aerobik secara teratur (3x/minggu) apabila ingin mendapatkan hasil optimal. Perut Anda akan mengecil seiring dengan penurunan berat badan.

Berikut beberapa artikel yang dapat Anda baca sebagai referensi:

 

Untuk mencapai berat badan ideal, Anda dapat melakukan kombinasi olah raga dengan pola makan gizi seimbang. Olah raga yang dapat diterapkan adalah yang bersifat aerobik seperti lari, renang, bersepeda ataupun yang bersifat pembentukan seperti sit up, push up, dan latihan beban. Jika Anda melakukannya secara teratur selama 30-60 menit, minimal 3x/minggu, ditunjang dengan pola makan seimbang, tentunya akan ada perubahan pada bentuk tubuh Anda.Intinya adalah kedisiplinan yang tinggi. Karena terdapat keterbatasan waktu anda, maka anda dapat lakukan olahraga pada waktu pagi hari atau malam hari anda pulang sekolah.
Hilangkan keinginan untuk menurunkan berat badan dalam waktu singkat, karena penurunan berat badan yang terlalu cepat dapat berpotensi mendatangkan penyakit. Penurunan berat badan yang wajar adalah sekitar 0,5 kg/minggu atau 2-2,5 kg/bulan.

Untuk diet, yang harus Anda lakukan adalah mengurangi jumlah kalori dalam sehari. Tetap usahakan setiap kali Anda makan ada unsur kabohidrat (roti gandum, kentang), hindari makanan gorengan, minuman dan makanan yang terlalu manis, garam, konsumsi banyak air putih, perbanyak lauk dengan ikan, perbanyak sayur dan buah, hindari makanan dari kaleng atau fast food (sosis, kentang goreng, nugget), hindari jajanan manis (bila lapar, dapat pilih snack berupa buah atau sayur yang manis). Coba lah agar makan pagi Anda selalu disertai oleh buah yang manis, jadi Anda dapat menahan lapar hingga siang. Untuk malam hari hindari makanan yang terlalu besar porsinya. 

Anda dapat melakukan konsultasi ke dokter spesialis gizi agar lebih dapat disesuaikan dengan kondisi tubuh Anda. 

Berikut judul artikel yang dapat Anda baca untuk menambah informasi mengenai berat badan ideal dan jenis makanan sehat yang dapat Anda coba masukkan dalam menu sehari-hari:

Perlukah Menurunkan Berat Badan?

10 Makanan Turunkan Berat Badan

Snack Malam Tingkatkan Berat Badan

Nyemil Saat Malam Hari Membuat Gemuk?

Anda tidak perlu mengkonsumsi obat-obatan apapun untuk menurunkan berat badan. Cukup mengkonsumsi diet yang sehat dan meningkatkan aktivitas fisik seperti berolahraga.

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

 

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar