Sukses

GERD & Gangguan Cemas

20 Oct 2014, 11:03 WIB
Wanita, 30 tahun.
Salam Sejahtera. Begini Dok, sudah 7 bulan lebih saya mengalami sakit dan saya sudah periksa ke dokter ahli penyakit dalam dan disimpulkan bahwa saya mengalami GERD (gastroesophageal reflux disease) dan diberikan obat. Tetapi sampai habis obat sakitnya masih terasa sampai saya cek ke dokter ahli jantung tetapi hasil scannya normal,justru dokternya seperti tidak percaya dgn keluhan saya,sudah beberapa dokter umum dan peny dalam saya kunjungi tp hasilnya sama..adapun gejala yg saya alami sebagai berikut : 1. Merasa jantung berdebar 2. Sesak nafas antara dada dan perut 3. Cemas 4. Perasaan tidak Stabil 5. Kadang suka sakit dibagian dada kiri atas 6. Badan sering terasa lemas 7. Sering merasa seperti mau Pingsan 8. sering tidak enak badan seperti masuk angin 9. Perasaan mau Mati 10.dan takut terkena penyakit yang parah dan mematikan 11.setiap kali saya menganggap momen hari2 yang sya lalui itu adalah momen terakhir saya..yang mau saya tanyakan adalah : 1. Sebenarnya penyakit apa yg saya derita ? 2. Apakah termasuk psikotomatik ? 3. Apakah saya perlu periksakan ke psikiater ? 4. Dan langkah jangka pendek apa yang harus saya lakukan ? karena sudah menggangu produktifitas hidup saya.Sudi kiranya dokter mau menjawab pertanyaan saya. terima kasih

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Penyakit Refluks Gastroesofageal yang terjadi akibat naiknya cairan lambung ke kerongkongan. Hal ini disebabkan klep antara lambung dan kerongkongan tidak berfungsi dengan baik. Kondisi stres atau cemas dapat menyebabkan kenaikan produksi asam lambung dimana hal ini tentu saja dapat menambah keluhan dari maag atau GERD yang dirasa. Saat ini yang dapat kami simpulan Anda selalu merasa cemas dan khawatir, jadi memang tidak menutup kemungkinan gangguan GERD akan selalu terjadi pada Anda.

Bila benar Anda terkena GERD maka selain pengobatan oleh dokter maka Anda juga harus melakukan perubahan pola hidup seperti jangan sampai telat makan/usahakan makan teratur, makan sedikit-sedikit tetapi sering, hindari konsumsi makanan pedas, asam, alkohol, rokok, kafein dan hindari stress. Hindarilah makanan-makanan yang dapat merangsang meningkatnya asam lambung. Obat-obat yang diberikan sudah benar, untuk fucoidan apakah merupakan resep dari dokter? Obat ini berisi kandungan herbal jadi efektivitasnya belum dapat ditentukan secara pasti biasanya dikonsumsi 1 kali dalam sehari bisa sesudah atau sebelum makan. Ya boleh dikonsumsi dengan vitamin, namun kami sarankan untuk mendapatkan vitamin lebih baik dari bahan-bahan natural seperti yang berasal dari sayur dan buah-buahan. 

Untuk mengatasi GERD yang Anda dapat lakukan adalah: 

  1. Hindari makanan pedas, terlalu asam dan yang mengandung gas (kol, sawi, minuman bersoda)
  2. Hindari dahulu konsumsi kopi atau teh. Hindari konsumsi alkohol
  3. Makan sedikit-sedikit namun sering (porsi kecil dan sering) bisa hingga 5x dalam sehari 
  4. Jangan terlambat makan 
  5. Usahakan dalam diet makanan yang sehat, banyak sayur dan buah, serta karbohidrat, lemak yang sehat (hindari makanan siap saji dan daging olahan seperti sosis, chicken nugget, hot dog) 
  6. Coba hindari stres, coba alihkan ke kegiatan lain bila stres memang sangat menggangu. 
  7. Coba hindari makan 2 jam sebelum Anda tidur
  8. Untuk beberapa hari, tidur lah dengan tambahan bantal untuk mencegah naiknya asam lambung.
     

Usahakan selalu berpikir positif, hindari rasa cemas yang berlebihan, buat diri Anda nyaman dengan kegiatan yang Anda sukai. Jika keluhan yang Anda rasakan semakin menganggu, Anda dapat melakukan konsultasi dengan dokter Psikiatri. Anda dapat mendiskusikan keluhan yang Anda rasakan, semoga dengan berkurangnya rasa cemas yang selalu Anda rasakan gejala GERD juga akan berkurang. Salam sehat.

Anda juga dapat membaca artikel kami berjudul :

6 Makanan Perparah Maag

6 Makanan Pencegah Perut Kembung 

Dispepsia

Beda Sakit Maag dan GERD

Sakit Batu Empedu Sering Dikira Maag

Ini Dia Biang Kerok Nyeri Ulu Hati

6 Saran Dokter Mengatasi Galau

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

 

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar