Sukses

Haid Tidak Lancar dan Ingin Mengencangkan Payudara

19 Oct 2014, 17:07 WIB
Pria, 22 tahun.
malam dok, mau tanya lagi. gini dok siklus haid sy tdk lancar, kdang 2 bln s.x kdg 1 bln 2x, ap ada yg salah dok dg sy. ato sy harus bagaimana biar haid sy lancar sprti org lain. sy ingi rutin haid, semisal 1 bln s,x. ap bisa dok. dan dok sy mempunyai payudara yg kecil dan kendur. apa masih bisa di perbaiki. caranya gimana x dok. yang alami cr.y gmna ato dg obt tp sy tkt efek samping.y... mhon solusinya dok. sblum.y trima ksh bnyk
dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan saat ini. Kami akan mencoba menjawab pertanyaan Anda:

Gangguan haid yang tidak teratur merupakan keluhan yang cukup umum ditemui. Gangguan haid dapat bermacam-macam, mulai dari darah yang keluar sedikit atau malah banyak. Selain itu, gangguan haid juga bisa berkisar antara banyak siklus haid yang terjadi. Pertama kami akan jelaskan tentang siklus haid yang normal.

Siklus menstruasi normalnya berkisar antara 21-35 hari dan berlangsung selama 3-7 hari. Penyebab haid tidak lancar pada Anda bisa disebabkan oleh berbagai macam penyebab. Haid yang tidak teratur biasanya terjadi akibat adanya gangguan keseimbangan hormonal. Gangguan hormon sering terjadi pada 3-5 tahun pertama setelah haid pertama ataupun beberapa tahun menjelang terjadinya menopause. Pada masa-masa itu merupakan variasi normal yang terjadi karena kurang baiknya koordinasi hormonal pada awal terjadinya menstruasi pertama dan menjelang terjadinya menopause, sehingga timbul gangguan keseimbangan hormon dalam tubuh.

Penyebab haid yang tidak teratur dapat terjadi pada :

  • Gangguan indung telur, misal: Sindrom Polikistik Ovarium (PCOS)
  • Stress dan depresi
  • Sakit kronik
  • Pasien dengan gangguan makan (seperti anorexia nervosa, bulimia)
  • Penurunan berat badan berlebihan
  • Olahraga berlebihan, misal atlit
  • Adanya tumor yang melepaskan estrogen
  • Adanya kelainan pada struktur rahim atau serviks yang menghambat pengeluaran darah menstruasi
  • Penggunaan obat-obatan tertentu
  • dsb

Penanganan masalah ketidakteraturan siklus menstruasi Anda nantinya akan bergantung pada penyebabnya. Untuk mengatasi siklus haid yang tidak teratur cobalah beberapa tips dibawah:

  • Hindari Aktifitas Fisik yang Berat

Terlalu lelah adalah salah satu penyebab utama terlambatnya proses siklus haid. Hal ini karena tubuh membutuhkan sejumlah energi untuk meneruskan proses menstruasi secara teratur. Ketika jumlah energi habis karena adanya aktifitas yang berat, maka haid tidak datang tepat pada waktunya. Dan ketika siklus tidak lancar, maka sindrom pra-menstruasi datang mengancam. Untuk itu hindarilah kelelahan berlebihan.

Tubuh setiap manusia memiliki ambang lelah yang berbeda-beda, tergantung dari ketahanan stamina tubuh seseorang. Stamina dapat dilatih dengan berolahraga secara teratur Untuk memulai, cobalah jogging selama 15 menit dahulu, kemudian dilatih untuk menambah waktu minimal hingga 30 menit sehari.

  • Hindari Stres

Di atas batang otak manusia, terdapat satu struktur yang disebut hipotalamus. Hipotalamus memiliki beberapa fungsi dan yang terpenting adalah menghubungkan sistem saraf dengan kelenjar endokrin melalui kelenjar hipofisis atau pituitasi. Hipotalamus mengatur berbagai tingkatan hormon, termasuk hormon-hormon reproduksi wanita, yaitu esterogen dan progesteron.

Bila seorang wanita berada pada tekanan mental ekstrim seperti stres, maka produksi esterogen dan progesteronnya akan terganggu. Ketidakseimbangan ini dapat  menyebabkan siklus haid tidak teratur.

Sama dengan stamina, ambang stres setiap orang juga berbeda- beda tergantung dari ketahanan jiwanya. Ketahanan jiwa berhubungan dengan tubuh yang sehat. Oleh karena itu, dengan melatih tubuh berolahraga teratur, tubuh akan menjadi lebih segar dan memiliki stamina yang baik sehingga tidak mudah terserang stres.

  • Asupan Gizi

Asupan nutrisi tepat untuk kebutuhan gizi tubuh sangat diperlukan. Karena status kualitas dari asupan nutrisi dan gizi mempengaruhi kinerja kelenjar hipotalamus yang memiliki peran mengendalikan kelancaran siklus haid yang ada.

Hindari minuman bersoda, minuman keras apalagi rokok. Mulailah dengan menjaga pola makan yang berkualitas. Yang penting bukan kuantitasnya, tapi kualitas nutrisi yang ada di setiap makanan atau minuman. Mulailah mengonsumsi makanan yang sehat seperti buah-buahan segar, sayur, gandum dan tinggalkan junk food dan makanan berlemak. Hindari juga konsumsi obat-obatan termasuk yang dijual bebas, hindari merokok, obat-obatan terlarang, dan alkohol.

Agar dapat diketahui penyebab keluhan Anda dapat berkonsultasi langsung dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk dilakukan evaluasi lebih lanjut serta pemberian terapinya.

Seiring dengan pertambahan usia, jaringan kulit dan jaringan ikat pada payudara akan berkurang ke-elastisitasannya.  Berbagai metode yang diajurkan untuk mengembalikan kekencangan payudara, dengan obat ataupun pengolesan krim, belum terbukti kebenarannya melalui suatu penelitian. Namun jika Anda menginginkan, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis bedah plastik yang dapat melakukan beberapa tindakan rekonstruksi payudara untuk menambah kekencangan payudara, antara lain dengan memberikan implan payudara atau dengan menambahkan lemak ke dalam payudara.

Berikut kami sertakan beberapa artikel yang sekiranya dapat bermanfaat bagi Anda:

Serba-Serbi Implan Payudara

Giimana Sih, Payudara yang Normal?

 

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat. (NO)

Salam, 

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar