Sukses

Lilitan Tali Pusat: Harus Caesar?

16 Oct 2014, 16:20 WIB
Wanita, 33 tahun.
Dokter sy mau tanya. Sy lg hamil 8 bulan, inshaallah hpl 25 okt 2014. Kmrn dari konsultasi dgn dokter saya disuruh untuk caesar tapi saya menginginkan normal. Mohon saran sebaiknya saya gmn? Debasing informasi: saya menikah 8 tahun belum pernah keguguran, usia 33 tahun, tahun kemarin program bayi tabung tapi belum berhasil. Untuk janin memang terlilit 1 lilitan, janin masih miring kekiri. Letak placenta normal, air ketuban normal. Mohon sarannya karena saya masih ingin proses persalinan normal.makasi atas sarannya.
dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Pertama-tama kami ucapkan selamat atas kehamilan Anda. Kondisi lilitan tali pusat merupakan kondisi yang sulit, berbeda dengan posisi bayi yang belum memutar (kepala di atas). Pada kondisi bayi belum memutar (kepala masih di atas) pada minggu-minggu terakhir menjelang kelahiran, masih dapat diusahakan untuk melakukan versi atau dengan Ibu banyak melakukan posisi menungging. Namun pada kondisi lilitan, keadaan menjadi sulit karena hal ini tidak dapat dimanipulasi dan bergantung pada panjangnya tali pusat. Tindakan-tindakan yang kurang hati-hati malah dapat memperparah lilitan tali pusat yang terjadi.

Kami sarankan untuk tetap melakukan kontrol terutama menjelang kelahiran. Dengan pemeriksaan USG dapat diketahui apakah kondisi lilitan tali pusat telah berubah atau masih terjadi. Dokter kebidanan dan kandungan Andalah yang paling mengerti kondisi Anda dan kandungan Anda pada saat ini. Untuk itu, diskusikan kembali mengenai keinginan  Anda dan pilihan-pilihan yang dapat Anda ambil beserta dengan keuntungan dan kerugiannya.

Berikut kami sertakan pula beberapa artikel yang sekiranya dapat bermanfaat untuk Anda:

Sekali Caesar, Selamanya Caesar?

Operasi Caesar Tanpa Indikasi Meningkatkan Angka Kematian Ibu

Bayi Normal Lebih Gemuk Daripada Bayi Caesar?

Persalinan Sectio Bisa Inisiasi Menyusui Dini

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat. (NO)

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar