Sukses

Gigi Goyang pada Perawatan Behel

05 Sep 2014, 12:35 WIB
Wanita, 37 tahun.
Hhai dokter. Sekitar dua bulan lalu tante saya memasang behel untuk keperluan merapikan giginya ke seorang dokter gigi. Pada bulan ke dua memakai behel dia merasa giginya menjadi lembut jika disentuh dgn lidah atau jari alias goyang apakah kondisi ini normal bagi seorang pemula pengguna behel ataukah berbahaya dan akan membuat gigi jatuh? Dokter gigi tempat ia konsul sedang merenovaso tempat prakteknya sehingga tdk sempat bertemu dgn dokter tersebut. Trims
drg. Arni Maharani

Dijawab Oleh:

drg. Arni Maharani

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Saya akan menjelaskan sedikit mengenai kawat gigi atau perawatan orthodonti. Perawatan orthodontik (pemasangan kawat bracket) tidak semata-mata untuk memperbaiki estetika pasien. Gigi yang posisinya tidak normal/berjejal/gigitan rahang atas dan bawah yang tidak normal dapat berpotensi untuk menimbulkan masalah lain yang lebih berat, oleh karena itu perawatan tersebut bertujuan untuk memperbaiki oklusi gigi atas dan bawah, memperbaiki posisi gigi yang tidak normal hingga didapat hubungan gigi geligi yang harmonis di dalam lengkung rahang yang normal, dengan demikian dengan sendirinya estetika wajah pasien akan lebih baik daripada sebelum perawatan. Dan variasi dari kasus yang memerlukan perawatan dengan menggunakan alat orthodonti ini cukup banyak, dari kasus dengan posisi gigi yang tidak terlalu berantakan sampai posisi gigi yang tidak rapih disertai kelaianan rahang. Dan dalam penanganannya dokter gigi spesialis orthodonti yang paling ideal dan kompeten.

Seluruh gigi-geligi pasien diperiksa secara seksama, jika ada yang perlu mendapatkan perawatan (misalnya penambalan atau pembersihan karang gigi) maka harus dirawat terlebih dulu sebelum dilakukan pemasangan kawat. Lalu gIgi pasien harus dicetak agar dapat dilakukan model/duplikat gigi. Duplikat ini diperlukan untuk menganalisa kebutuhan ruang dan melakukan rencana perawatan. Selain itu perlu dilakukan foto rontgen (ada dua foto, yaitu panoramik dan cephalometri). Foto ini penting, untuk membantu analisa kebutuhan ruang dan menilai posisi gigi terhadap tulang rahang sehingga dapat menunjang rencana perawatan. perawatan orthodontik terdiri dari beberapa komponen yaitu kawat gigi (wire), bracket (awam menyebutnya behel), rubber band (karet yang dipasang pada bracket untuk menahan kawat), dan molar band (dipasang pada gigi belakang, menahan ujung kawat agar tidak lepas dan melukai jaringan lunak mulut). Kawat yang dipasang pada bracket akan menghasilkan gaya untuk menggeser gigi. Perawatan orthodonti yang bertujuan merapikan posisi gigi dengan menggerakkan gigi geligi dari pasien sehingga dapat terjadi kegoyanga pada gigi. Sebaiknya pasien yang sedang dalam proses perawatan ini selalu tepat waktu dalam kontrol ke dokter gigi.

Berikut beberapa artikel terkait yang dapat Anda baca

Waspadai Penjualan Behel Gigi di Situs Jejaring Sosial

Cara Menjaga Kebersihan Kawat Gigi

Manfaat Teh Hijau Bagi Pengguna Kawat Gigi

Orang Dewasa Masih Bisa Pakai Kawat Gigi?

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar