Sukses

GERD, Hiperuresemia dan Hipertensi

19 Oct 2014, 18:45 WIB
Pria, 30 tahun.
selamat siang, saya pria umur 30, tb 168, bb 80, sering menderita dada sesak. terlebih kalau posisi stress atau capek. kalau malam antara pukul 19:00 s/d sekitar 23:00 dada sering terasa panas (heart burn). UA 8,1. CHOL 250, GLU 115 BP 130/100 (test 2 minggu yang lalu). kondisi pekerjaan lebih banyak duduk di depan komputer. dulu pernah punya penyakit maaq lumayan parah. menurut data diatas apakah kemungkinan keluhan yang saya alami. saya takut terkena jantung. dan apa tindakan yang sebaiknya saya lakukan dalam waktu dekat. . .

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Berikut kami rangkum keluhan dan hasil pemeriksaan darah Anda.

Keluhan Anda saat ini, dada sesak, heart burn di malam hari. Sedangkan hasil pemeriksaan darah Anda terjadi peningkatan kadar asam urat melebihi batas normal, kolesterol total melebihi batas normal, tekanan darah termasuk kategori hipertensi grade 1 (kriteria JNC 7). Kadar gula darah yang diperiksa saat itu gula darah puasa/sewaktu/2 jam setelah makan? karena nilai rujukan masing-masing parameter berbeda.

Merujuk dari riwayat penyakit Anda yang memiliki maag, kemungkinan yang saat ini Anda alami adalah gangguan GERD (Gastroesophageal Reflux Disease) dan hiperuresemia. Penyakit Refluks Gastroesofageal yang terjadi akibat naiknya cairan lambung ke kerongkongan. Hal ini disebabkan klep antara lambung dan kerongkongan tidak berfungsi dengan baik. Kondisi stres atau cemas dapat menyebabkan kenaikan produksi asam lambung dimana hal ini tentu saja dapat menambah keluhan dari maag atau GERD yang dirasa. Gejala khusus GERD yang mudah dibedakan dari sakit lambung adalah: rasa seperti terbakar /panas di bagian belakang tulang dada dan cairan lambung yang naik tidak hanya sampai ke kerongkongan, tetapi juga hingga ke mulut sehingga dapat terasa asam pada bagian belakang mulut.  Nyeri dada dari GERD dapat meniru serangan jantung, kembung, dan banyak lainnya. Pada penderita GERD, terjadinya sesak napas dipicu oleh hal-hal yang meningkatkan asam lambung, seperti saat terlambat makan, stres, setelah mengkonsumsi kopi,alkohol,rokok dll.

Untuk mengatasi GERD yang Anda dapat lakukan adalah: 

  1. Hindari makanan pedas, terlalu asam dan yang mengandung gas (kol, sawi, minuman bersoda)
  2. Hindari dahulu konsumsi kopi atau teh. Hindari konsumsi alkohol
  3. Makan sedikit-sedikit namun sering (porsi kecil dan sering) bisa hingga 5x dalam sehari 
  4. Jangan terlambat makan 
  5. Usahakan dalam diet makanan yang sehat, banyak sayur dan buah, serta karbohidrat, lemak yang sehat (hindari makanan siap saji dan daging olahan seperti sosis, chicken nugget, hot dog) 
  6. Coba hindari stres, coba alihkan ke kegiatan lain bila stres memang sangat menggangu. 
  7. Coba hindari makan 2 jam sebelum Anda tidur
  8. Untuk beberapa hari, tidur lah dengan tambahan bantal untuk mencegah naiknya asam lambung.

Anda juga dapat membaca artikel kami berjudul :

GERD atau Sakit Jantung

6 Makanan Perparah Maag

6 Makanan Pencegah Perut Kembung 

Dispepsia

Beda Sakit Maag dan GERD

 

 

Mengenai peningkatan asam urat Anda, kami sertakan artikel yang berkaitan asam urat . Asam urat merupakan zat sisa yang dibentuk oleh tubuh pada saat regenerasi sel. Bila terjadi peningkatan kadar asam urat dalam darah tanpa menimbulkan gejala apapun maka disebut dengan hiperurisemia asimtomatik.

Sedangkan, bila terjadi peningkatan kadar asam urat di dalam tubuh yang tidak dapat dikendalikan dan menyebabkan gejala maka dapat menyebabkan gangguan kesehatan seperti artritis gout (radang pada persendian) atau batu ginjal. Beberapa orang dengan gout membentuk lebih banyak asam urat dalam tubuh nya (10%), sehingga sisa asam urat (90%) dalam tubuh Anda, tidak efektif dibuang melalui air seni. Genetik, jenis kelamin, dan nutrisi (peminum alkohol, obesitas) memegang peranan penting dalam pembentukan penyakit gout. Kadar asam urat yang tinggi dapat mempengaruhi ginjal yaitu memicu pembentukan dari batu ginjal dimana batu ginjal ini dapat mempengaruhi fungsi dari ginjal.

Jika Anda belum mendapatkan obat asam urat dan belum terjadi gejala, sebaiknya menghindari makanan yang mengandung tinggi kadar purin. Penyakit ini dapat dikendalikan dengan sempurna melalui diet dan obat-obatan. Sumber dari asam urat adalah makanan, jadi yang Anda perlukan adalah diet rendah asam urat guna membatasi jumlah makanan yang mengandung purin (menyebabkan asam urat tinggi) di dalam asupan sehari-hari.

Sumber dari asam urat adalah makanan, jadi yang Anda perlukan adalah diet rendah asam urat guna membatasi jumlah makanan yang mengandung purin (menyebabkan asam urat tinggi) di dalam asupan sehari-hari. Terdapat beberapa jenis makanan, termasuk sayuran dengan kadar asam urat tinggi. Jika dalam kurun waktu 2-3 bulan tidak terjadi perbaikan kadar asam urat dalam darah melalui intervensi diet, maka dokter perlu meresepkan obat untuk mengatasi asam urat Anda. Selain itu Anda juga tetap perlu melakukan diet rendah purin.

Berikut artikel lain yang dapat Anda baca:

 

Diet Kolesterol, Asam Urat dan Hipertensi

Hipertensi

Kontrol Kolesterol

Asam Urat, Inilah Dietnya

Inilah Daftar Makanan Tinggi Asam Urat

 

Namun untuk dapat memastikan keluhan Anda, kami sarankan Anda melakukan konsultasi secara langsung dengan dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik secara menyeluruh dan mendapatkan penanganan yang optimal. Mengingat terdapat beberapa nilai hasil pemeriksaan darah Anda yang melebihi batas normal.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

 

 

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar