Sukses

Efek Samping KB Suntik

04 Sep 2014, 12:32 WIB
Wanita, 22 tahun.
pagi dok, sy mau bertanya sy kan pakai kb suntik pertiga bulan ,tetapi sdh 2kali sy tdk melakukan suntik kb. terakhir sy suntik kb bulan desember 2013 lalu. selama tdk suntik kb sy tdk pernah menstruasi ,tetapi dua bulan terakhir yakni juli dan agustus sy menstruasi 2kali dgn tgl yg teratur. padahal sebelumnya sy jika menstruasi tdj pernah teratur. anehnya selama sy tdk melakukan suntik kb sy selalu merasakan pergerakan didalam perut seperti ada janin.tetapi setelah sy cek hasilnya selalu negatif.apakah itu efek dr kb nya dok? dan setelah sy pakai suntik kb berat badan sy turun dr 52 kg ke 47 kg sampai saat ini tdk naik naik brt bdn sy. apakah itu efek jg dr suntik kb nya dok. krn banyak yg bilang sm sy kalau berarti sy tdk cocok dgn suntik kb nya ? mohon infonya ya dokter... terimakasih
dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terima kasih karena Anda telah setia menggunakan fasilitas KlikDokter.com.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Izinkan kami menjelaskan berbagai efek samping dari penggunaan KB suntik.  Efek samping dari penggunaan KB tersebut bermacam-macam seperti meningkatkan berat badan karena nafsu makan yang meningkat, lapisan dari lendir rahim menjadi tipis sehingga haid sedikit, bercak atau tidak haid sama sekali, perdarahan tidak menentu, suntikan harus dilakukan oleh tenaga kesehatan secara teratur, tidak melindungi dari PMS peningkatan berat badan, rambut rontok, tulang menjadi keropos, kelainan metabolisme lemak, ketidakteraturan menstruasi termasuk menometroragi (umumnya beberapa bulan pertama) dan amenorea (1 tahun pertama), jika pemakaian suntikan KB dihentikan, siklus menstruasi yang teratur akan kembali terjadi dalam waktu 6 bulan-1 tahun.

Untuk waktu hilangnya efek samping bisa beberapa hari, bulan hingga tahunan karena dapat terjadi perubahan hormonal. Bila gangguan ini terus berlangsung kami anjurkan Anda kembali konsultasi dengan dokter spesialis kandungan dan kebidanan. 

Kami lampirkan beberapa artikel untuk Anda baca:

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga informasi ini bermanfaat. (NO)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar