Sukses

Gairah Seks Menurun Setelah Melahirkan

16 Oct 2014, 23:37 WIB
Wanita, 23 tahun.
dok saya wanita usia 23 tahun melahirkan anak pertama pada tahun 2012.melahirkan dirumah sakit dengan jampersal shg langsung dipasang iud,dulu waktu melahirkan mendapatkan jahitan.kenapa ya dok setelah melahirkan keinginan untuk melakukan hubungan seksual menurun tidak seperti sebelum melahirkan?dan lagi selalu merasakan sakit ( nyeri ) pada perut bawah bagian kanan,,,selama berhubungan dan setelah orgasme.dulu saya kira penyebabnya dikarenakan menggunakan iud,sehingga 6 bulan setelah melahirkan saya lepas tetapi ternyata sampai sekarang saya masih sering merasakan nyeri tersebut,,,mohon penjelasannya.terimakasih
dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Sebelum menjawab pertanyaan Anda, terdapat beberapa hal yang harus dikonfirmasi terlebih dahulu:

  1. Sejak kapan keluhan nyeri timbul?

  2. Adakah saat atau kondisi tertentu yang memicu timbulnya nyeri?

  3. Apakah sebelumnya anda mengalami benturan pada daerah yang nyeri?

  4. Apakah saat nyeri terasa hebat hingga membuat anda berkeringat dan menggigil?

  5. Apakah yang anda lakukan untuk meredakan nyerinya?

  6. Adakah keluhan lain yang menyertai seperti keluhan nyeri pinggul kanan, gangguan berkemih atau pencernaan? dsb

Organ yang terletak di perut bawah kanan sangat banyak, masih ada organ pencernaan (usus) atau saluran reproduksi (khusus perempuan) yang terletak di depan ureter. Oleh karena itu harus dievaluasi lebih lanjut untuk memastikan penyebabnya.

Terkait pertanyaan Anda mengenai gairah seks yang menurun, secara garis besar, faktor penyebab menurunnya libido terbagi menjadi dua faktor, yakni faktor  fisik dan faktor psikologi. Pada faktor fisik dilatarbelakangi dengan adanya pengaruh alkohol, narkoba, sakit diabetes, efek dari obat (terutama obat penenang), hiperprolaktinemia (meningkatnya kadar hormon prolaktin diatas kadar normal) dan kelainan hormon lainnya.

Untuk latar belakang faktor psikologis, depresi, stres, keletihan, kecemasan, pelecehan seksual atau pemerkosaan pada masa lalu, lesbian, serta masalah yang serius dengan pasangan kemudian kondisi hidup yang sulit (misalnya satu atap dengan mertua), besar kemungkinan menjadi penyebab kehilangan hasrat untuk berhubungan seks.

Sesekali cobalah menginap beberapa hari di penginapan kesukaan Anda berdua pada akhir pekan, atau datang ke pesta teman, ataupun kegiatan lain untuk santai sedikit dari rutinitas harian. Telusuri sisi sensual Anda yang sempat hilang. 

Olahraga sangat berperan penting dalam mendongkrak vitalitas dan metabolisme tubuh manusia. Pun sekaligus secara fisik dapat membantu wanita meningkatkan hasrat seksualnya. Olahraga dapat meningkatkan kuantitas dari hormon yang dapat meningkatkan libido.

Jika keluhan berlanjut, adakan proses konsultasi dokter secara langsung. Menurunnya libido juga dilatarbelakangi pengaruh hormonal. Ditemukan pada beberapa metode KB hormon dan penyakit kelenjar tiroid biasanya menurunkan gairah seks. Karena itu, mungkin saja ada pengaruh penggunaan KB hormonal terhadap masalah ini. Namun yang paling jauh terpenting adalah peran serta dukungan dan pengertian dari pasangan untuk mengatasi problem seks yang ada.

 

Kami sertakan juga artikel:

Makanan Pembunuh Libido

6 Cara Bangun Mood Seks

 

Demikian penjelasan kami, semoga dapat membantu. (NO)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar