Sukses

Pundak Keras: Kolesterol?

20 Oct 2014, 10:40 WIB
Wanita, 18 tahun.
Hai dok saya mau nanya saya merasakan pundak saya lmyn keras dan klo kecapaian pasti terasa keras. Apakah itu trmsk kolesterol? Ap bs jd drsananya pundak saya keras?terimakasih dok
dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terima kasih atas pertanyaan Anda. 

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Secara umum, nyeri pada pundak biasanya muncul akibat beberapa penyebab seperti salah posisi tidur, menggunakan komputer dengan waktu yang lama, ataupun akibat salah posisi duduk. Kecemasan dan stres juga dapat menyebabkan nyeri pada leher atau sekitar area pundak. Selain itu, nyeri juga dapat dipengaruhi keadaan-keadaan di bawah ini: 

  • Penggunaan otot-otot yang berlebihan
  • Proses degeneratif dari diskus tulang belakang biasanya disebabkan oleh proses penuaan.
  • Herniasi diskus tulang belakang (hernia nukleus pulposus/HNP): dapat menekan saraf pada tulang belakang yang memicu nyeri pada leher dan kesemutan pada tangan.

Intinya, nyeri pada leher dan pundak dapat disebabkan oleh masalah pada otot, sendi, maupun tulang leher. Tidak selalu nyeri pada area tengkuk atau pundak disebabkan oleh peningkatan kolesterol dalam darah. Bisa juga karena Anda sedang lelah. 

Cobalah untuk olahraga secara teratur, untuk sementara Anda dapat mengkonsumsi obat anti nyeri. Kami sarankan agar Anda memeriksakan diri ke dokter spesialis syaraf untuk memastikan penyebab nyeri Anda dan terapi lebih lanjut.

Penanda objektif untuk kondisi kolesterol adalah pemeriksaan Trigliserida, HDL, LDL, serta Kolesterol total. Kolesterol yang tinggi disebabkan oleh konsumsi lemak yang tinggi. Selain itu terdapat faktor keturunan. Apakah Anda memiliki keturunan kolesterol di keluarga? Hal yang dapat Anda lakukan adalah dengan mengubah pola hidup: rajin berolah raga (disarankan minimal 5x/minggu), banyak makan buah-buahan dan sayur-sayuran, kurangi makanan fast food / junk food. Bila perlu, dapat diberikan obat kolesterol.

Makanan yang tinggi akan kolestrol terutama makanan yang mengandung saturated fat seperti makanan siap saji (seperti chicken nugget, burger, sosis) serta jenis-jenis daging, susu, mentega, roti, hati,  beberapa jenis seafood seperti udang, kepiting, oyster, cumi-cumi dan kerang. Serta tentu daging olahan seperti sosis. 

Makanan rendah kolesterol diantaranya:

  • Ikan, unggas (ayam, bebek) tanpa kulit, dan potongan daging yang tidak mengandung lemak. Makanan dimasak dengan cara dibakar, dipanggang, atau direbus lebih baik dari pada digoreng
  • Hindari makanan jadi seperti sosis, bacon, salami. Batasi jenis makanan jerohan seperti hati, ginjal, otak
  • Gunakan susu, keju, yogurt rendah lemak. Gunakan margarin yang rendah lemak dibandingkan mentega.  Batasi kuning telur, putih telur dapat dimakan bebas
  • Makan sayuran dan buah potong (jangan dijus) serta bahan makanan yang terbuat dari gandum seperti oatmeal, roti gandum
  • Makanan seperti bawang mentah, salmon, almond, minyak zaitun, alpokat dianjurkan
  • Banyak makan makanan yang mengandung vitamin C (pepaya, anggur, jeruk, brokoli) dan vitamin E (gandum, almond, kacang tanah)

Untuk diet yang tepat untuk mencegah kolesterol dapat Anda temukan dalam artikel artikel berikut ini.

Diet Kolesterol, Asam Urat dan Hipertensi

Asam Urat, Inilah Dietnya

Inilah Daftar Makanan Tinggi Asam Urat

4 Makanan Turunkan Kolesterol

Cara Mengatasi Nyeri pada Leher 

Sering Pusing, Tengkuk Kaku & Mudah Lupa?

6 Gejala Medis yang Perlu Diwaspadai 

Demikian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (NO)

Salam, 

Tim Redaksi Klikdokter 

0 Komentar

Belum ada komentar