Sukses

Pupil Anak Berwarna Putih

19 Oct 2014, 21:22 WIB
Wanita, 14 tahun.
dok, saya memiliki anak berusia 2bulan yang terlahir prematur dengan berat 1,3kg. Akhir-akhir ini saya mendapati mata kiri anak saya pupilnya berwarna transparan dan seperti mata kucing bila terkena cahaya. ukurannya sedikit lebih kecil dari mata kanannya. apa itu berbahaya dok? anak saya belum bisa melihat secara fokus tapi aktif menggerakkan kedua matanya. terimakasih
dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan atas kondisi yang dialami oleh anak Anda. Apakah jenis kelamin anak Anda? Apakah anak Anda mengalami keluhan lain seperti mata yang juling, gangguan penglihatan, dsb? Apakah anggota keluarga Anda ada yang mengalami kondisi serupa?

Warna pupil yang putih seperti mata kucing seperti yang Anda sebutkan itu disebut juga dengan leukocoria. Leukocoria merupakan suatu refeleksi abnormal dari retina mata. Leukocoria sendiri bisa disebabkan oleh berbagai macam penyakit seperti: coats disease, katarak kongenital, melanoma dari badan silier, Norrie disease, retinoblastoma, dsb. 

Namun yang paling berbahaya adalah retinoblastoma. Retinoblastoma merupakan suatu penyakit keganasan pada mata yang biasanya menyerang bayi dan anak-anak. Penyakit ini sebagian disebabkan oleh keturunan atau faktor genetik. Faktor yang lainnya adalah akibat terjadinya mutasi pada salah satu kromosom atau pembawa sifat yang berakibat berubahnya perangai dan pertumbuhan jaringan retina tubuh kita menjadi tidak terkendali dan membesar, menyebar serta merusak jaringan tubuh lain disekitarnya. Beberapa gejala sering ditemukan pada anak-anak.

Namun jika hanya berdasarkan cerita Anda, kami tidak dapat berasumsi apa-apa mengenai penyebab dari keluhan pada anak Anda. Karena itu menegakkan diagnosis, diperlukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang lebih lanjut. 

Untuk itu kami menyarankan agar Anda sesegera mungkin memeriksakan anak Anda ke dokter spesialis mata guna penanganan lebih lanjut.

Berikut kami sertakan artikel untuk Anda:

Retinoblastoma Timbulkan Kebutaan Permanen Pada Anak

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat. (NO)

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

 

0 Komentar

Belum ada komentar