Sukses

Berat Badan Anak

04 Sep 2014, 23:24 WIB
Wanita, 2 tahun.
Dok maaf mengganggu,sy memiliki pasien anak usia 21bln dengan lingkar kepala 47cm,tinggi badan 80cm,berat badan 8,8kg.menurut saya berat badannya tergolong kurang.oleh karna itu saya menganjurkan menemui dokter sp.anak utk mendapatkan pena Dok maaf mengganggu,sy memiliki pasien anak usia 21bln dengan lingkar kepala 47cm,tinggi badan 80cm,berat badan 8,8kg.menurut saya berat badannya tergolong kurang.oleh karna itu saya menganjurkan menemui dokter sp.anak utk mendapatkan penangan lebih lanjut,hasil pemeriksaan skin test negatif tbc,rontgen baik tdk ada flek,namun harus di konsul ke dokter sp.anak konsultan endokrin.dikhawatirkan terjadi gangguan pada hormon tyroid.stlh d tes umur tulangnya normal,lalu diberi vitamin supaya bb naik,saat itu bb nya 7,5kg sekitar 6bln lalu.kini beratnya 8,8kg.ibu pssien brtanya pd saya apkh hrus k dokter endokrin lagi jkrn bb anak hnya naik sdikit?perbaikan pola maka msh trus dilakukan,asi masih,frekuensi bab dulu sering namun stlh diberi obat dr dr.endokrin babnya 1 hr 1x.apa yg hrs saya sarankan pada ibu anak trsebut dok?trimsh utk jwbnnya

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Faktor yang mempengaruhi pertumbuhan anak selain faktor genetik adalah faktor asupan nutrisi dan aktivitasnya. Apabila makannya biasa dan aktivitasnya banyak tentu saja berat badannya tidak akan meningkat. Untuk meningkatkan berat badan, yang diperlukan adalah asupan atau input lebih besar dari aktivitas atau output.

Faktor lainnya juga adalah penyakit terutama penyakit kronis seperti infeksi kronis (infeksi saluran kemih), anemia (kekurangan zat besi), serta hal lain yang bisa menyebabkan gagal tumbuh (adanya kelainan di jantung, hormon, dan sebagainya). Perhatikan juga tanda cacingan seperti lemah, lesu, atau keluar cacing dari dubur. 

Pada dasarnya, anak-anak dalam usia pertumbuhan membutuhkan asupan gizi yang seimbang dan kalori yang mencukupi. Kebutuhan akan sayur dan buah juga penting untuk asupan vitamin dan mineral. Hingga usia 10 tahun, anak-anak membutuhkan 100 kalori setiap kilogram berat badannya. Bila anak Anda cukup aktif (sering berlari-lari, bermain) maka membutuhkan tambahan sekitar 400 kalori lagi. Sehingga anak Anda membutuhkan 1400 kalori setiap harinya. Hal ini dapat dipenuhi dengan porsi makan 3x sehari dengan takaran 1 piring nasi dengan jumlah nasi yang cukup besar, jumlah lauk yang cukup besar dan sayur. Di sela-sela jadwal makan 3x sehari dapat diberikan camilan seperti bubur kacang hijau, puding buah, kue. Dengan demikian kebutuhan kalorinya dapat terpenuhi. 

Bagaimana dengan hasil hormon tiroidnya? Tidak ada salahnya untuk datang ke spesialis anak subspesialis endokrin untuk berkonsultasi lebih lanjut mengenai kondisi anak Anda untuk mendapatkan penanganan optimal.

Kami sertakan artikel:

Untuk panduan informasi lengkap Anda mengenai tumbuh kembang anak, Anda dapat mengunjungi Rubrik Tumbuh Kembang yang kami miliki.

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar