Sukses

Kebiasaan Ngiler Pada Anak

03 Sep 2014, 17:27 WIB
Pria, 35 tahun.
Dear Dokter, Saya mempunyai anak perempuan umur 6 bulan. dia sering ngiler meskipun tidak saat tidur, klo tidur satu kasur bisa diputeri sendiri dan akhir-akhir ini sering tidur tengkurep. Apa ada indikasi yang tidak tepat dengan itu Dok..? Terima kasih sebelumnya.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.com.

Kebiasaan “ngiler” pada anak memang sangat umum terjadi, dan ada berbagai faktor penyebab mulai dari kondisi fisiologis (normal) hingga patologis (gangguan/penyakit). Pada anak batita, produksi air liur meningkat karena pada usia tersebut anak sedang dalam masa tumbuh gigi. Di samping itu, rongga mulut anak masih dangkal dan kemampuan menelan belum sempurna, sehingga air liur tampak berlebihan dan mudah mengalir keluar mulut. Posisi anak, misalnya tengkurap atau tidur, akan mempermudah keluarnya air liur (“ngiler”). Banyak sumber menyebutkan, pada usia 3 tahun kemampuan menelan anak sudah lebih baik, dan anak sudah mampu mempertahankan air liur di dalam mulut sehingga kebiasaan “ngiler” jauh berkurang.

Orang yang bernafas melalui mulut (mouth breather) dan orang dengan gangguan pernafasan juga lebih besar kemungkinannya untuk mengalami “ngiler” saat tidur. Bernafas melalui mulut bisa dikatakan sebagai indikator adanya masalah pernafasan yang menghalangi seseorang bernafas melalui hidung sebagaimana biasa. Seseorang yang tidur dengan mulut dengan mulut terbuka akan memudahkan untuk “ngiler” karena kelenjar liur terstimulasi. Air liur akan terkumpul di rongga mulut dan mengalir keluar. Menurut beberapa sumber, stress dan tekanan dapat memicu seseorang untuk bernafas melalui mulut.

Demikian informasi yang dapat kamii berikan, semoga dapat membantu Anda.

Salam

Tim Redaksi Klikdokter

 

0 Komentar

Belum ada komentar