Sukses

Liur Disertai Darah

18 Oct 2014, 17:46 WIB
Wanita, 28 tahun.
dokter saya kiki saya mau tanya sebelum puasa suami saya sakit dan awalnya setelah saya cek dri darah, thorax kena asam berlebihan dan setelah asam lambung berkurang dia mengeluh sakit dibagian hati setealh saya cek lagi nilai SGOT 14, SGPT 61 dokter mevonis asma bronchiale dan saluran infeksi saya tanya kedokternya katanya SGPTnya dibatas normal akan tetapi sekarg ini kalo pagi mengeluarkan darah segar dan kadang darah berwarna cokelat dri air liur yang saya tanyakan apakah penyakit suami saya ini dok soalnya dri hasil urin pun negativ, hanya SGPTnya itu 61 dan dia sempat dirawat di RS 5 hari apakah dgn hasil SGPT tersebut isa kena hepatitis, trz hepatitis apa biasanya dok, thank you

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Liur bercampur darah perlu dibedakan penyebabnya apakah dari saluran pernapasan atau saluran pencernaan.

Jika disebabkan oleh saluran pernapasan biasanya disertai dengan keluhan batuk atau sesak. Apakah suami Anda merokok? Beberapa kemungkinan yang mungkin berperan dengan kondisi yang Anda alami. Seperti Emfisema, Penyakit Paru Obstruktif Kronis (PPOK), dan TB.

Dipikirkan disebabkan oleh gangguan saluran cerna seperti pecahnya varises esofagus atau perlukaan saluran cerna/lambung, sirosis hepatis biasanya keluhan yang dirasakan adalah muntah diserati darah berwarna kehitaman.

Liur bercampur darah juga dapat disebabkan oleh iritasi pada tenggorokan.

Nilai SGOT dan SGPT

SGPT dan SGOT merupakan enzim-enzim pada hati yang akan meningkat jumlahnya di dalam tubuh jika hati mengalami kerusakan baik kerusakan fungsi hati secara akut maupun kronis.  Lebih lanjut kami akan mencoba menjelaskannya satu persatu: 

 

 

 

 

 

  •  SGPT (Serum Glutamic Pyruvate Transaminase): merupakan  suatu enzim yang terdapat di dalam sel hati. Ketika sel hati mengalami kerusakan, akan terjadi pengeluaran enzim SGPT dari dalam sel hati ke sirkulasi darah dan akan terukur melalui pemeriksaan laboratorium.

      

     

  •  SGOT (Serum Glutamic Oxaloacetic Transaminase) : seperti halnya SGPT, SGOT merupakan enzim hati yang terdapat di dalam sel parenkim hati. SGOT akan meningkat kadanya di dalam darah jika terdapat kerusakan sel hati. Namun SGOT tidak spesifik hanya terdapat di dalam hati. SGOT juga dapat ditemukan di sel darah, sel jantung dan sel otot, karena itu peningkatan SGOT tidak selalu menunjukkan adanya kelainan di sel hati.

Nilai normal SGOT adalah 3-45 u/L, sedangkan nilai normal SGPT adalah 0-35 u/L (terdapat sedikit variasi dari nilai normal dan sangat tergantung dari laboratorium tempat pemeriksaan). Namun hasil SGOT dan SGPT yang normal belum tentu menandakan bahwa Anda bebas dari penyakit hati. Pada kasus penyakit hati yang kronik (menahun), misal akibat hepatitis B kronik atau hepatitis C kronik, dapat ditemukan kadar enzim SGOT dan SGPT yang normal atau sedikit meningkat. Pada infeksi hati yang kronik (menahun), sel hati secara perlahan-lahan mengalami kerusakan dan hal ini tidak dapat diketahui hanya dari pemeriksaan enzim hati di dalam darah.SGOT dan SGPT merupakan enzim yang dapat ditemukan pada sel-sel hati. Karena itu jika terjadi kerusakan (nekrosis) sel-sel hati, seperti yang terjadi pada infeksi akut virus hepatitis, enzim-enzim tersebut keluar dari sel hati dan masuk ke dalam darah. Semakin banyak sel-sel hati yang rusak, semakin tinggi pula kadar SGOT/SGPT yang terukur di dalam darah. .Apakah keluhan yang suami Anda rasakan saat ini?

Kami tidak dapat memberikan diagnosis pasti, tanpa dilakukan wawancara dan pemeriksaan fisik terhadap pasien. Oleh karena itu kami menyarankan Anda, agar berkonsultasi dengan dokter spesialis penyakit dalam.

Demikian informasi yang dapat kami berikan,semoga bermanfaat

Salam

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar