Sukses

Nyeri di Perut Bawah

18 Oct 2014, 01:30 WIB
Pria, 28 tahun.
Dok, saya mau tanya tentang kondisi istri saya. Kapan hari istri saya mengeluhkan nyeri sakit di bagian bawah perut & suhu tubuh meningkat ? apa ya itu kira-kira tandanya ? hamilkah atau yang lain ? Atas jawabannya saya ucapkan terima kasih.

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Sulit untuk memastikan penyebab nyeri perut bawah yang Anda alami tanpa melakukan pemeriksaan langsung. 

Begitu banyak penyebab yang dapat menimbulkan keluhan nyeri perut bawah. Posisi perut bagian bawah terdiri dari kulit, otot, jaringan lemak dan penunjang, usus besar ataupun organ perkemihan. Salah satu gangguan dari organ diatas dapat menyebabkan keluhan nyeri perut bawah. Apabila disertai dengan gangguan BAB maka terdapat masalah pada sistem pencernaan misalkan dapat terjadi IBS (Irritable Bowel Syndrome) atau Inflammatory Bowel Disease (IBD). Sedangkan organ yang terletak di antara perut bawah dan paha terdiri dari ureter dan organ pencernaan (usus).

Namun, penyakit ini baru dapat didiagnosis melalui pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang (X-ray tanpa kontras atau dengan kontras).

Mengingat keterbatasan kami dalam melakukan pemeriksaan fisik, akan lebih baik jika Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis penyakit dalam sehingga dapat dilakukan pemeriksaan fisik.

Kehamilan dapat diperiksa dengan test pack 1 hari setelah haid terlambat, meskipun terkadang masih mungkin belum dapat terdeteksi karena kadar hormon kehamilan yang diperiksakan masih rendah. Bila hasilnya agak meragukan (belum terdeteksi), test pack dapat Anda ulang minggu depan atau 2 minggu lagi, bila haid tidak juga datang. Bila memang negatif, berarti kemungkinan besar tidak ada kehamilan. Kami sarankan istri Anda melakukan konsultasi kembali dengan dokter kebidanan dan kandungan.

Berikut kami lampirkan artikel sebagai tambahan informasi untuk Anda:

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat.

Salam,


Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar