Sukses

Nyeri Punggung

03 Sep 2014, 14:34 WIB
Wanita, 30 tahun.
SalAm dok,,saya hbis opersi cesar 7bln yg lalu(anestesi) smpi saat ini saya mengalami nyeri dtulang belakang pekas suntikan bius,,tlang punggung saya nyeri dan pinggang jg,,dlu memang saya cpt duduk sblm wktu yg dsrankan bidan krn info yg krg jlas,jdinya saya mngalmi skit sprti itu,apa solusinya dok spya nyeri tlg blkang hilang,mksih

 Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Keluhan yang Anda rasakan adalah nyeri punggung. Penyebab nyeri punggung bisa disebabkan oleh: 

 

  1. Aktivitas berlebihan yang menyebabkan ketegangan pada bagian punggung bawah atau aktivitas dengan posisi yang tidak tepat (misalnya: mengangkat benda berat secara tiba-tiba atau berulang, pajanan getaran pada daerah punggung untuk waktu yang cukup lama).

  2. Trauma, kecelakaan atau patah tulang.

  3. Gangguan pada tulang belakang (sebagai contoh: peregangan otot dan ligamen di sekitar tulang belakang yang terlalu berlebihan atau efek penuaan).

  4. Infeksi.

  5. Adanya pertumbuhan massa yang abnormal, sepeti tumor.

  6. Obesitas (biasanya pada orang dengan berat badan berlebih dapat terjadi tekanan berlebihan pada tulang belakang).

  7. Tonus otot yang kurang baik pada bagian punggung.

  8. Tegangan atau spasme otot.

  9. Terkilir atau terpelintir.

  10. Robekan otot atau ligamen.

  11. Masalah pada persendian tulang belakang.

  12. Merokok.

  13. Hernia nukleosus pulposus (HNP).

  14. Penyakit lainnya seperti osteoarthritis, spondilitis, atau fraktur kompresi.

 

Untuk dapat memastikan penyebab dari keluhan yang Anda rasakan, kami sarankan Anda melakukan konsultasi dengan dokter spesialis saraf agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik secara menyeluruh. Yang saat ini dapat Anda lakukan adalah melakukan olahraga rutin, asupan air putih yang cukup (8 gelas perhari), konsumsi sayur dan buah setiap hari dan asupan nutrisi yang bergizi dan seimbang. Selain itu Anda dapat melakukan olahraga yang dapat melentturkan tulang belakang seperti yoga dan pilates.Hindari mengankat beban yang terlalu berat, perhatikan posisi duduk yang benar.

Berikut artikel yang dapat Anda baca:

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. 

Salam,


Tim Redaksi Klikdokter


 

    0 Komentar

    Belum ada komentar