Sukses

Gusi Bengkak dan Sering Berdarah

03 Sep 2014, 15:50 WIB
Pria, 25 tahun.
Gusi di gigi seri saya sering bengkak dan mudah mengalami pendarahan ketika Gosok Gigi. Saya sudah pernah ke dokter gigi untuk melakukan Scalling untuk mengangkat Plak yang bisa saja menyebabkan penumpukan darah di gusi. tetapi beberapa waktu kemudian gusi saya kembali bengkak dan sering berdarah. bagaimana solusi agar gusi saya normal seperti orang lain pada umnya ?? terima kasih.
drg. Arni Maharani

Dijawab Oleh:

drg. Arni Maharani

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Saya turut prihatin atas kondisi yang Anda alami. Gusi berdarah adalah salah satu tanda peradangan gusi. Tanda lainnya adalah gusi bengkak dan berwarna lebih merah dari jaringan lunak sekitarnya. Peradangan gusi atau yang dalam bahasa kedokteran disebut gingivitis dapat disebabkan oleh beberapa hal.

  1. Yang utama adalah kebersihan mulut yang buruk, di mana banyak akumulasi plak di permukaan gigi yang menjadi tempat berkembang biaknya bakteri.
  2. Gusi juga menjadi lebih mudah berdarah bila di sekitar leher gigi banyak terdapat kalkulus atau karang gigi.
  3. Adanya perubahan hormonal juga dapat menyebabkan gusi mudah berdarah, namun utamanya terjadi pada wanita, misalnya saat sedang hamil.
  4. Konsumsi obat-obatan tertentu dapat menyebabkan peradangan gusi, seperti obat anti konvulsan (epilepsi), pain kllers, atau perawatan seperti kemo atau radioterapi
  5. Trauma atau cedera, misalnya penggunaan tusuk gigi yang berlebihan.
  6. Defisiensi/kekurangan zat gizi tertentu seperti vitamin K dan C
  7. Penyakit sistemik, seperti penyakit liver, ginjal, atau diabetes dapat bermanifestasi dalam rongga mulut dalam bentuk gusi berdarah.

Untuk mengetahui secara pasti penyebab keluhan yang dirasakan  dan mengatasinya saya sarankan agar Anda berkonsultasi ke dokter gigi. Dan berikut artikel terkait yang dapat Anda baca

Gusi Berdarah karena Karang Gigi

Gingivitis - Radang Gusi

Daun Sirih untuk Radang Gusi

Demikian informasi yang dapat saya berikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar