Sukses

Nyeri Leher & Bahu

18 Oct 2014, 21:28 WIB
Wanita, 20 tahun.
selamat siang dok, saya ingin menanyakan tentang keluhan di bahu kiri saya. sudah setahun ini, bahu kiri saya sering terasa panas, lalu disertai rasa seperti kesemutan yang ditusuk-tusuk, kemudian sampai akhirnya tengkuk leher saya merasakan berat karna beban kepala saya. dan terpaksa saya harus merebahkan bahu saya sejenak untuk melanjutkan aktivitas. saya ingin bertanya apakah ada hubungannya dengan syaraf saya? karna dampaknya telinga saya saat ini mengalami penurunan pendengaran dan daya ingat yang menurun juga. mohon jawabannya dok. terima kasih selamat siang

 Terima kasih atas pertanyaan Anda

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Secara umum, nyeri pada leher dan bahu biasanya muncul akibat beberapa penyebab seperti salah posisi tidur, menggunakan komputer dengan waktu yang lama, ataupun akibat salah posisi duduk. Kecemasan dan stres juga dapat menyebabkan nyeri pada leher. Selain itu, nyeri juga dapat dipengaruhi keadaan-keadaan di bawah ini: 

  • Penggunaan otot-otot leher yang berlebihan, misalnya oleh posisi leher yang salah selama aktifitas sehari-hari, yang dapat menyebabkan nyeri leher dan ketegangan otot yang kronis, biasanya nyeri semakin dirasakan bila terjadi pergerakan leher yang dapat disertai oleh nyeri kepala, kaku otot, dan keterbatasan pergerakan otot.
  • Proses degeneratif dari diskus tulang belakang biasanya disebabkan oleh proses penuaan.
  • Herniasi diskus tulang belakang (hernia nukleus pulposus/HNP): dapat menekan saraf pada tulang belakang yang memicu nyeri pada leher dan kesemutan pada tangan
  • Beberapa penyakit seperti peradangan sendi pun dapat menyebabkan nyeri pada leher

Intinya, nyeri pada leher dan bahu dapat disebabkan oleh masalah pada otot, sendi, maupun tulang leher. Penjepitan syaraf (hernia nukelus pulposus/HNP) memang tidak hanya dapat terjadi pada punggung, di leher pun bisa terjadi. Gejala tersering berupa nyeri, baal/kesemutan di leher yang dapat menjalar sampai tangan, sampai kelumpuhan. Untuk memastikan HNP diperlukan pemeriksaan MRI.

Adapula kondisi lain yang dinamakan Kapsulitis adesif pada bahu (adhesive capsulitis of shoulder) atau yang juga disebut Frozen Shoulder. Penyakit ini merupakan penyakit yang mengenai kapsul pembungkus persendian bahu sehingga persendian bahu mengalami radang dan kaku sehingga membatasi pergerakan dan menyebabkan rasa nyeri. Penyebabnya biasanya tidak diketahui, namun gejalanya berupa gerakan persendian bahu yang menjadi terbatas dan rasa nyeri yang semakin parah pada malam hari, cuaca dingin ataupun gerakan-gerakan tertentu yang membutuhkan persendian bahu bergerak luas dan rasa nyeri dapat menjalar ke daerah leher dan punggung. Penyakit ini juga dapat disebabkan karena trauma sebelumnya atau riwayat operasi di daerah pergelangan bahu, namun sebagian besar tidak diketahui/terjadi secara spontan tanpa faktor pemicu. Meskipun demikian, kejadian frozen shoulder ini sering ditemukan pada mereka yanh memiliki penyakit diabetes, stroke, penyakit paru, kelainan jaringan ikat, penyakit jantung dan riwayat operasi. Lebih sering terjadi pada mereka yang berusia di atas 40 tahun dan wanita.

Cobalah untuk olahraga secara teratur, untuk sementara Anda dapat mengkonsumsi obat anti nyeri. Kami sarankan agar Anda memeriksakan diri ke dokter spesialis syaraf untuk memastikan penyebab nyeri Anda dan terapi lebih lanjut.

Berikut kami lampirkan artikel sebagai tambahan informasi:

Demikian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter 


 

 

0 Komentar

Belum ada komentar