Sukses

Pengobatan Hipertensi

03 Sep 2014, 15:44 WIB
Pria, 35 tahun.
Selamat pagi dokter, saya penderita hypertensi, kemarin saya tensi 170-120 kondisi nya saya hampir pingsan, setelah saya minum amlodipin 5grm 2 tablet darah saya turun normal kembali 117-77, tetapi kadang tensi saya tiba2 naik menjadi 140-90 lalu turun normal lagi. Apakah dalam kasus ini bila tensi darah saya sudah normal tetap di anjurkan minum obat penurun darah amlodipin setiap hari, ataw tidak? Dan apakah bila sudah normal, saya tetap minum amlodipin tersebut bisa membuat kondisi tekanan darah saya drop dan membahayakan kondisi tubuh saya? Terima kasih dokter, saya mohon bantuan informasinya.

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Penanganan tekanan darah tinggi tidaklah harus selalu menggunakan obat. Langkah awal terpenting adalah agar menurunkan tekanan darah Anda dengan mengikuti gaya hidup sehat seperti aktif berolahraga, mengatur diet atau pola makan seperti rendah garam, rendah kolesterol dan lemak jenuh, meningkatkan konsumsi buah dan sayuran, tidak mengkonsumsi alkohol dan rokok dan mengkonsumsi obat sesuai dengan petunjuk dokter. Selain itu dianjurkan juga untuk melakukan pemeriksaan laboratorium dengan panel evaluasi awal hipertensi atau panel hidup sehat dengan hipertensi.

Untuk mengkontrol tekanan darah Anda dapat dilakukan dengan pemeriksaan sederhana lewat pemeriksaan tekanan darah yang dapat dilakukan oleh tenaga kesehatan di klinik atau puskesmas terdekat. Dan bila memang tinggi maka diperlukan penanganan lebih lanjut. Jika tekanan darah normal Anda bisa menghentikan pemberian obat sementara dan menjaga tekanan darah Anda dengan melakukan pola hidup sehat seperti yang sudah kami sampaikan diatas.

Untuk informasi Anda lebih lengkap, kami sertakan beberapa artikel yang baik untuk dibaca terkait dengan tekanan darah tinggi (hipertensi):

Hipertensi

Hipertensi Makin Muda

Garam Berperan dalam Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi)

Kurangi Asupan Garam untuk Mencegah Hipertensi

Penderita Hipertensi Hati-Hati Konsumsi Daging!

Mengatasi Hipertensi dengan Diet Sehat

6 Tips Meredam Hipertensi

8 Tips Alami Kontrol Tekanan Darah

5 Bahaya karena Hipertensi

Waspada Kematian Mendadak Hipertensi

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,


Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar