Sukses

Batuk Disertai Nyeri Ulu Hati

20 Oct 2014, 10:08 WIB
Wanita, 17 tahun.
Dokter saya mau tanya saya tgl 17-24 terkena magh dan disertai batuk tp batuknya skrg masih berlanjut batuk muncul ketika habis makan / pagi dan malam hari rasa sakit saat batuk di ulut hati , perut , dan dada kiri dan detak jantungnya sangat cepat , dulu dokter pernah bilang saya terkena asam lambung , dan skrg saya ingin buang air kecil trus karena kebanyakan minum saat batuk datang , apa itu bisa sembuh dok?

Terima Kasih atas pertanyaan Anda. 

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Batuk merupakan mekanisme pertahanan tubuh di saluran pernapasan dan merupakan gejala suatu penyakit atau reaksi tubuh terhadap iritasi di tenggorokan karena adanya lendir, makanan, debu, asap, dan sebagainya. Batuk terjadi karena rangsangan tertentu, misalnya debu di reseptor batuk (hidung, saluran pernafasan, telinga). Batuk yang anda alami termasuk di dalam batuk kronis. Penyebab batuk kronis bermacam-macam, diantaranya adalah:

  1.  Alergi (dapat disertai keluhan bersin dipagi hari, gatal-gatal pada tubuh, sesak)
  2.  Asma
  3.  Infeksi : Tuberkulosis (TBC) ataupun infkesi micoplasma, infkesi sinus
  4.  Bronkitis (radang pada bronkus-saluran udara ke paru-paru)
  5.  GERD (Gastro Esophageal Reflux Disease) : Penyakit reflux biasanya disertai keluhan ada rasa panas atau        terbakar di daerah ulu hati, mual, muntah ataupun kembung. 
  6. Penggunaan obat tertentu (ACE inhibitor) 
  7. Post Nasal Drip (ada cairan di belakang hidung)

Keluhan batuk Anda bisa juga disebabkan oleh kondisi GERD (Gastro Esophageal Reflux Disease), yaitu suatu kondisi dimana terjadi peningkatan asam lambung. Jadi memang sebaiknya Anda melakukan konsultasi ke dokter specialis penyakit dalam agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik secara menyeluruh.

Kami juga sertakan artikel yang dapat Anda baca mengenai GERD. 

GERD - Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) - Heartburn

Penanganan GERD

GERD atau Sakit Jantung? (30 Oktober 2013)

7 Cara Terhindar dari Naiknya Asam Lambung

Demikian jawaban yang kami dapat berikan, semoga bermanfaat.

Salam, 

Tim Redaksi Klik Dokter

0 Komentar

Belum ada komentar