Sukses

Nyeri Perut Bagian Bawah

03 Sep 2014, 11:36 WIB
Pria, 41 tahun.
Selamat pagi dok, Masalah saya: sakit pada bagian bawah perut, menyebar sebelah kanan dan kiri (bagian bawah tepat berbatasan dengan daerah pubic hair)... serta pada diafragma sebelah kanan,sakit bila menarik nafas. Walau sakit pada bagian bawah perut, tapi tidak sakit saat buang air kecil. Saya punya riwayat sakit maag, lumayan akut... dokter tempat saya berobat sudah bilang sekarang harus hati2 dengan makanan... terakhir berobat seminggu sebelum puasa Ramadhan 1435 H (Juli 2014), dokter memberi obat sehingga bisa puasa aman. Namun saat lebaran, banyak makanan bersantan terpaksa dengan senang hati saya santap. :) setelah hari ke 5 lebaran, maag mulai kambuh lagi, kembung dan mual. Berusaha kembali ke dokter tetapi selalu penuh, akhirnya tertunda karena sudah masuk kerja. Kembali saya lakukan pengobatan herbal dengan minum kunyit (setahun lalu saat akut juga pakai obat herbal ini). Sepuluh hari kemudian perut sudah terasa normal... Namun, sekitar tanggal 15 Agustus perut mulai terasa kembung lagi. Kali ini, setiap habis makan selalu buang air kecil dan encer (cairan). Saya tak berpikir ini diaere, karena dokter saya bilang kalau sering ( 5 - 6 kali) sehari baru boleh curiga... Saya hanya buang air kecil (cairan) bila setelah makan besar. Sekitar tanggal 24, buang air kecil mulai reda dan sekarang lebih normal .... tinja tidak cair tetapi tidak keras juga Kemudian mulailah terasa sakit di bagian bawah perut seperti saya sebutkan di awal konsultasi. Sakit apakah saya, dok ? Sekadar tambahan, saya perokok aktif 1 bungkus per hari. Terima kasih

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Sulit untuk memastikan penyebab nyeri perut bawah yang Anda alami tanpa melakukan pemeriksaan langsung. 

Begitu banyak penyebab yang dapat menimbulkan keluhan nyeri perut bawah. Posisi perut bagian bawah terdiri dari kulit, otot, jaringan lemak dan penunjang, usus besar ataupun organ perkemihan. Salah satu gangguan dari organ diatas dapat menyebabkan keluhan nyeri perut bawah. Apabila disertai dengan gangguan BAB maka terdapat masalah pada sistem pencernaan misalkan dapat terjadi IBS (Irritable Bowel Syndrome) atau Inflammatory Bowel Disease (IBD). Sedangkan organ yang terletak di antara perut bawah dan paha terdiri dari ureter dan organ pencernaan (usus).

Namun, penyakit ini baru dapat didiagnosis melalui pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang (X-ray tanpa kontras atau dengan kontras).

Perlu Anda ketahui bahwa dikatakan diare bila BAB encer lebih dari 3x/hari atau adanya perubahan konsistensi tinja menjadi lebih cair. Sehingga perlu dicurigai adanya keluhan diare pada Anda.

Bila anda memiliki riwayat maag maka selain pengobatan oleh dokter maka anda juga harus melakukan perubahan pola hidup. Untuk mengatasi maag yang Anda dapat lakukan adalah: 

  1. Hindari makanan pedas, terlalu asam dan yang mengandung gas (kol, sawi, minuman bersoda)
  2. Hindari dahulu konsumsi kopi atau teh. 
  3. Makan sedikit-sedikit namun sering (porsi kecil dan sering) bisa hingga 5x dalam sehari 
  4. Jangan terlambat makan 
  5. Usahakan dalam diet makanan yang sehat, banyak sayur dan buah, serta karbohidrat, lemak yang sehat (hindari makanan siap saji dan daging olahan seperti sosis, chicken nugget, hot dog) 
  6. Coba hindari stres, coba alihkan ke kegiatan lain bila stres memang sangat menggangu. 

Mengingat keterbatasan kami dalam melakukan pemeriksaan fisik, akan lebih baik jika Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis penyakit dalam sehingga dapat dilakukan pemeriksaan fisik. 

Berikut kami lampirkan artikel sebagai tambahan informasi untuk Anda:

 

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat.

Salam,


Tim Redaksi Klikdokter


 

0 Komentar

Belum ada komentar