Sukses

Penyakit yang Tidak Bisa Dideteksi

18 Oct 2014, 17:13 WIB
Pria, 26 tahun.
Siang dok.penyakit apa saja yg bsa di dideteksi dg tes memakai sampel darah & urine? Apakah trmasuk penyakit kelamin jg?terima kasih

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi klikdokter

Untuk mendiagnosa suatu penyakit diperlukan anamnesis (wawancara medis yang mendetil), pemeriksaan fisik, dan pemeriksaan penunjang (jika diperlukan). Pemeriksaan penunjang termasuk pemeriksaan laboratorium (darah, urin, analisa feses, dahak, dll), radiologi (foto thorax, USG, MRI, CT-scan, dll).

Penyakit kelamin dapat diperiksa terutama dengan anamnesis dan pemeriksaan fisik secara lagsung. Beberapa penyakit kelamin memerlukan pemeriksaan penunjang seperti sifilis atau HIV. Pemeriksaan urin tidak dilakukan untuk semua penyakit, pemeriksaan ini dilakukan untuk menilai kandungan alkohol/obat-obat terlarang dalam urin, infeksi saluran kemih, penyakit ginjal, diabetes, batu ginjal, dan lain-lain.

Beberapa penyakit seperti gastritis, tumor/kanker, beberapa penyakit mata/telinga tidak cukup hanya dengan pemeriksaan fisik/darah, diperlukan pemeriksaan penunjang lain seperti pemeriksaan radiologi.

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat. (DK)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar