Sukses

Kesulitan BAB

20 Oct 2014, 00:37 WIB
Pria, 85 tahun.
Saya mempunyai orang tua yang berumur 80 tahun,penyakit yang dialaminya saat ini adalah kesulitan buang air besar. Terkadang buang air besarnya 1 minggu sekali. Kami sudah mencoba beberapa kali kedokter, tapi tidak ada perubahan. Mohon penjelasan bagaimana caranya agar buang air besar lancar.

 Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Keluhan sulit buang air besar (sembelit) dalam dunia kedokteran disebut juga dengan konstipasi. Disebut dengan konstipasi apabila buang air besar kurang dari 3 kali dalam seminggu dan disertai dengan konsistensi kotoran/tahi/feces yang keras. Kotoran yang keras saat buang air besar dapat menimbulkan sensasi nyeri pada anus. Buang air besar yang tidak tuntas dapat  pula memberikan rasa tidak nyaman pada daerah sekitar anus.

Bagaimana dengan frekuensi buang air besar orangtua Anda? Bila < dari 3 kali dalam seminggu maka Anda mengalami konstipasi atau sembelit. Faktor risiko konstipasi mencakup minum yang kurang (orang normal minum 2-3 liter/hari), kurang makan sayur-sayuran dan buah-buahan, dan aktivitas fisik yang kurang (sedentary life).

Kami menyarankan agar orangtua Anda untuk mengkonsumsi banyak sayur dan buah-buahan, banyak minum, dan berolahraga. Disarankan untuk memakan 1 porsi sayur-sayuran setiap kali makan, dan memakan 2 porsi buah-buahan setiap harinya. Bila dengan perubahan pola hidup ini keluhan belum berkurang juga, maka Anda perlu memeriksakan diri ke dokter dan diberi obat untuk membantu buang air besar.

Untuk mendiagnosis keluhan yang Anda alami, dibutuhkan anamnesis, pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang lebih lanjut. Untuk itu kami sarankan agar Anda dapat mengunjungi dokter.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (EA)

Salam,                                      

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar