Sukses

Benjolan Pada Payudara

01 Sep 2014, 16:18 WIB
Wanita, 20 tahun.
Salam dok, Saya Dian umur 20 tahun Dok saya mau menyampaikan keluhan yang saya alami mohon solusinya saya memiliki benjolan kecil pada payudara saya (kiri) awalnya benjolan tersebut adalah bisul kemudian bisul sembuh tetapi meninggalkan bekas kecoklatan pada kulit payudara. Namun setelah beberapa waktu timbul benjolan pada tempat yang sama di bekas bisul yang berwarna kecoklatan itu, benjolan tersebut licin dan bulat, dapat digerakan.. saya tidak merasakan sakit atau nyeri hanya saja saya sangat khawatir, kulit payudara saya juga berkerut saya belum berani memeriksakan ke laboratorium, dan ingin mencoba membeli satu obat dari ekstrak kulit manggis dan daun sirsak untuk pencegahan/penyembuhan. Apakah menurut dokter, dengan saya membeli obat ekstrak kulit manggis tersebut sudah cukup? kemudian dari keluhan yang saya sampaikan apakah saya FAM atau apa dok? mohon pencerahanya terimakasih.

 Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Sebelumnya izinkan kami bertanya. Sejak kapan Anda merasakan Ada benjolan? Apakah benjolan tersebut bertambah besar? dapat digerakkan? nyeri?.

Benjolan pada payudara bisa disebabkan oleh berbagai penyebab, dimulai dari infeksi kulit seperti bisul, atau mengarah ke perkembangan jaringan payudara berupa tumor yang jinak maupun yang ganas. Untuk membedakannya perlu diketahui karakteristik tumor tersebut, seperti:

  • Ukurannya, apakah semakin bertambah besar
  • Permukaannya: licin atau berbenjol
  • Dapat digerakkan atau tidak (menempel pada kulit)
  • Bagaimana keadaan kulit  di atasnya
  • Apakah ada nyeri
  • Apakah ada pembesaran kelenjar getah bening di sekitarnya (termasuk ketiak)

Pada wanita  di bawah usia 30 tahun, tumor tersebut kemungkinan besar merupakan tumor jinak yang disebutfibroadenoma mammae (FAM). FAM merupakan gabungan antara jaringan glandula (kelenjar) dan fibrosa dan terjadi akibat adanya kelebihan hormon estrogen sehingga umumnya akan terjadi pembesaran atau pembentukan benjolan baru saat menstruasi atau hamil karena produksi hormon estrogen meningkat.

Di bawah usia 25 tahun, FAM lebih sering terjadi dibandingkan kista payudara. Selain FAM, penyakit fibrokistik atau dikenal juga sebagai mammary displasia adalah benjolan payudara yang sering dialami oleh sebagian besar wanita.Pada usia muda jarang sekali didapatkan tumor ganas pada payudara kecuali Saudari memiliki riwayat keluarga dengan keganasan pada payudara, Anda perlu lebih waspada terhadap  benjolan di payudara. 

Kami sarankan agar Anda mengunjungi Dokter untuk wawancara medis dan pemeriksaan fisik mendetil serta pemeriksaan penunjang yang diperlukan untuk memastikan diagnosis. Dengan demikian Anda dapat memperoleh penanganan yang optimal. 

Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan. Semoga dapat bermanfaat. (EA)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter


0 Komentar

Belum ada komentar