Sukses

Kutil dan Luka pada Penis

18 Oct 2014, 16:47 WIB
Pria, 34 tahun.
mlm dok . saya mau nanya nih dok skitar 5 bln ini di penis saya muncul sperti kutil dok, tpi keras . rasanya kadang2 gatal sekali pernah saya berobat dikasih resep tp ga ada perubahan , nah 2 hari ini dok di kutil itu sperti ada luka. saya perhatikan ternyata kutil nya terlepas dok. rasanta nyeri dah perih bila tergesek celana dlm krna takut sakit kemarin saya plester dok. tdi saya buka plasternya mlh menjadi bengkak dan sperti basah. saya langsung bersihkan dngan revanol dan saya tetesin betadine lalu saya bungkus dngan kasa. berbahayakah itu dok. dan apa obat nya buat penyakit saya ini. terimakasih dol

Bapak/Saudara yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.
 
Keluhan Anda adalah benjolan seperti kutil di daerah penis sejak 5 bulan yang lalu. Benjolan terasa keras, terkadang gatal. Dalam 2 hari ini menjadi luka, perih dan basah membengkak.
Bagaimana ukuran benjolan-benjolan tersebut? Bagaimana warnanya? Jumlahnya? 

Bintik-bintik/benjolan-benjolan, jika berwarna putih, bagian kulit penis bagian pangkal dapat merupakan hal yang normal. Bintik-bintik putih tersebut dapat merupakan kelenjar sebasea pada folikel rambut (kantung tempat tumbuh rambut) di kulit dan folikel rambut ini memang dapat ditumbuhi rambut.

Sebaiknya bintik-bintik ini tidak ditekan atau dipecahkan karena dapat memicu terjadinya peradangan dan infeksi. Jika bintik-bintik tersebut tidak mengganggu maka sebaiknya dibiarkan saja sesuai dengan perjalanan penyakit jerawat yang nantinya akan pecah sendiri.

Namun jika muncul keluhan gatal yang terkait dengan konsumsi makanan tertentu maka dapat juga terjadi reaksi alergi di daerah skrotum. Penanganan alergi yang terutama adalah dengan melakukan penghindaran terhadap bahan-bahan yang menyebabkan alergi.

Berhubung kelainan yang Anda keluhkan adalah kelainan pada permukaan kulit, akan lebih baik jika Anda bekonsultasi langsung dengan dokter untuk dilihat langsung sehingga diagnosis dapat ditegakkan secara pasti. Jika Anda belum pernah melakukan hubungan seksual, maka keluhan bintik yang Anda sebutkan tersebut mungkin bukan merupakan bagian dari gejala infeksi menular seksual (IMS). Apakah Anda sudah pernah melakukan hubungan seksual sebelumnya?

 

Untuk memastikannya, kami menyarankan Anda mengunjungi dokter. Anda dapat membaca artikel kami mengenai hal ini melalui tautan berikut ini:

"9 Penyebab Bintik Pada Penis"

Demikian informasi yang dapat Kami sampaikan. Semoga bermanfaat. 

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter  

0 Komentar

Belum ada komentar