Sukses

Bintik Merah pada Wajah

19 Oct 2014, 06:40 WIB
Wanita, 23 tahun.
Malam Dok, saya mau tanya.. Di muka saya dan telinga muncul bintik merah yg sudah hampir 1th tidak sembu, apakah pengaruh karena tidak haid selama hampir 3 Th krn suntik kb 3 bln Sekali, sampai sekarang masih terus muncul dok.. Terimakasih

Ibu/Saudari yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Sayang sekali kami tidak dapat mengetahui penyebab bintik merah di wajah dan telinga Anda. Diperlukan pemeriksaan secara langsung untuk melihat wujud kelainan kulit.

Kami akan coba membahas sedikit mengenai KB suntik 3 bulan.

Kontrasepsi suntikan progestin mencegah kehamilan dengan mekanisme yang sama seperti progestin pil namun kontrasepsi ini menggunakan  suntikan intramuskular (dalam otot <bokong atau lengan atas>). Yang digunakan adalah long-acting progestin, yaitu Norestiteron enantat (NETEN) dengan nama dagang depomedroksi progesterone acetat (DPMA), 150 mg yang diberikan setiap 3 bulan.

Efek samping yang dapt timbul adalah:

  1. peningkatan berat badan,
  2. rambut rontok,
  3. tulang menjadi keropos,
  4. kelainan metabolisme lemak,
  5. ketidakteraturan menstruasi termasuk menometroragi (umumnya beberapa bulan pertama) dan amenorea ( 1 tahun pertama),
  6. jika pemakaian suntikan KB dihentikan, siklus menstruasi yang teratur akan kembali terjadi dalam waktu 6 bulan-1 tahun

Bintik merah pada kulit wajah dan telinga Anda perlu dikonfirmasi langsung dengan pemeriksaan, apakah berupa bercak, pembuluh darah atau lainnya. Untuk itu, jika keluhan mengganggu Anda, Kami sarankan Anda mengunjungi dokter spesialis kulit dan kelamin untuk diagnosis dan penanganan yang optimal.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar