Sukses

Ciuman Mulut, Menularkan Herpes?

18 Oct 2014, 04:42 WIB
Pria, 23 tahun.
Salam.. Mengenai pertanyaan yang anda kirimkan ke saya tentang pertanyaan mengenai penyakit herpes.. Saya belum pernah melakukan hubungan seks atau hubungan intim..tetapi saya hanya melakukan hubungan semi atau ciuman mulut..apa itu bisa menularkan herpes..gatal2 yang saya derita kambuh saat menjelang subuh dok..apa itu alergi saja apa itu termasuk herpes dok? Terimakasih

Bapak/Saudara yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.
 
Kami memahami keluhan Anda. Keluhan kulit memang sangat sulit untuk didiagnosis tanpa pemeriksaan fisik langsung.

"HSV (Herpes Simpleks Virus) sendiri ada dua macam meski keduanya dapat saling berhubungan, yaitu tipe 1 yang dikaitkan dengan infeksi di daerah bibir dan rongga mulut dan tipe 2 yang bermanifestasi di genital (alat kelamin). Begitu seseorang terinfeksi HSV baik tipe 1 maupun tipe 2, virus ini akan terus berada di saraf dalam keadaan laten dan sewaktu-waktu penyakit ini dapat kambuh lagi. 
 
Infeksi ini dapat diteruskan dari seseorang yang sedang mengalami infeksi aktif, atau dari penderita tanpa gejala apapun. Pada saat sedang dalam keadaan aktif, virus berada di saliva (liur) dan sekresi genital dan dapat berada di situ selama sedang terjadi serangan klinis dan beberapa hari atau minggu setelahnya. Penyebaran virus dapat terjadi dengan kontak langsung dengan sekresi yang terinfeksi atau dengan kontak langsung dengan kulit penderita di daerah yang terinfeksi."
 
Jadi, ciuman mulut dapat menyebabkan penularan HSV tipe 1 maupun tipe 2 tergantung lokasi kontak (ciuman). 

Untuk mengetahui diagnosis dari keadaan kesehatan Anda, Kami sarankan Anda mengunjungi dokter secara langsung. Dengan demikian, Anda dapat memperoleh penanganan yang optimal segera.

Demikian informasi yang dapat Kami sampaikan. Semoga bermanfaat. 

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter  

0 Komentar

Belum ada komentar