Sukses

Nyeri pada Kaki

02 Sep 2014, 13:42 WIB
Wanita, 42 tahun.
Seminggu yang lalu kaki kiri saya susah untuk ditekuk. saya pikir mungkin keseleo, saya baw ake tukang urut,kata tukang urut memang ada urat2 yang saling kejepit. Tetapi skg saya kadang2 masih nyeri dan kesemutan. Apakah ini ada hubungan dengan koleaterol, asam urat atau penyumpatan pembuluh darah? Kalau ke dokter, saya ke dokter apa dulu. Terima kasih

Ibu/Saudari yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Kami mengerti kekhawatiran dan ketidaknyamanan yang Anda rasakan. Nyeri pada daerah kaki dapat berasal dari kaki itu sendiri atau dari tempat lain (seperti pinggang, pergelangan kaki atau punggung bagian bawah) karena adanya persarafan yang saling berhubungan. Struktur dari tungkai bawah terdiri dari tulang, tulang rawang, tendon, ligamen dan bursa. Kelainan atau gangguan pada struktur tersebut dapat menimbulkan nyeri. Sebelum lebih jauh lagi membahas mengenai keluhan Anda, perlu diketahui struktur tepat yang Anda maksudkan, apakah tungkai bawah, lutut, kaki, atau pergelangan kaki?

Salah satu penyebab nyeri pada tungkai bawah yang umum adalah nyeri otot atau peradangan pada sendi atau biasa disebut osteoarthritis, untuk lebih lengkapnya Anda dapat membaca artikel kami "Osteoartritis". 

Kesemutan merupakan keluhan yang pernah dialami oleh semua orang. Biasanya kesemutan terjadi saat tubuh terlalu lama diam, atau berada dalam suatu posisi tertentu, sehingga aliran darah ke daerah tersebut (misal ke arah tangan atau kaki anda) menjadi terhambat dan timbul keluhan kesemutan. Anda tidak perlu khawatir mengenai hal ini. Ini merupakan hal yang wajar terjadi. Keluhan tersebut akan berangsur-angsur menghilang dengan menggerak-gerakkan bagian tubuh yang kesemutan sehingga aliran darah kembali lancar ke daerah tersebut.

Terdapat beberapa hal yang dapat menimbulkan terjadinya kesemutan, baik kesemutan yang bersifat sementara ataupun kesemutan yang berlangsung jangka panjang (kronis). Baberapa hal yang dapat menimbulkan kesemutan yang sementara antara lain adalah :

  • penekanan saraf yang berlangsung lama (seperti saat tidur, duduk bersila, dll)
  • frekuensi napas cepat
  • serangan panik
  • dehidrasi (kurang cairan)
  • kekurangan suplai darah pada tempat kesemutan
  • dsb

Bagaimana dengan kesemutan yang Anda alami? Apakah terasa terus-menerus atau hanya sekali-sekali?

Kami tidak dapat memastikan diagnosis yang diderita oleh Anda secara pasti karena dibutuhkan pemeriksaan fisik secara langsung dan pemeriksaan penunjang. Kami menganjurkan agar Anda mengunjungi Dokter Spesialis Ortopedi agar dapat dilakukan pemeriksaan secara lanjut. Untuk mengatasi nyeri sementara dan kesemutan, Anda dapat konsumsi obat-obat anti nyeri yang dijual secara bebas seperti paracetamol atau Na diklofenak ataupun salep/gel yang mengandung anti-nyeri tersebut. 

Demikian informasi yang dapat Kami berikan. Semoga bermanfaat. 

Salam,

 

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar