Sukses

Mual dan Sakit Buang Air Kecil

17 Oct 2014, 20:05 WIB
Wanita, 28 tahun.
terimakasih telah menanggapi pertanyaan saya yg sebelumnya.. yg saya ingin tanyakan lagi,, saya mengalami mual2 sampai merasakan sakit pada ulu hati.. dan pernah sekali sampai muntah mengeluarkan cairan yg menguning.. apa itu tdk apa2 dok?? krna saya juga menderita gangguan lambung (magh).. slain itu dok,, pada saat saya mau buang air besar/kecil (seringnya buang air kecil) saya juga merasakan sakit pada perut bagian bawah tersebut sampai saya harus memegangi perut saya supaya rasa sakitny berkurang.. trimakasih klo dokter mau menanggapi saya lagi.. karna saya belum sempat memeriksakan kesehatan dan kandungan saya ke dokter.. :-)

Ibu/Saudari yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter. 

Kami memahami kekahwatiran yang Anda rasakan. 

Keluhan yang anda sampaikan dapat disebabkan oleh berbagai hal. Kami tidak dapat memastikan penyebab keluhan Anda hanya dari informasi yang Anda berikan kepada kami saat ini. Namun penyebab yang paling umum terkait mual muntah adalah dari saluran cerna bagian atas khususnya masalah lambung. Bagaimana dengan pola makan dan pola aktivitas Anda? 

Jika memang Anda menderita sakit maag, maka konsumsi makanan yang dapat meningkatkan produksi asam lambung dan memicu gejala memang harus dihindari. Selain itu, jadwal makan juga perlu teratur.

Berikut kami lampirkan artikel sebagai tambahan informasi untuk Anda:

Buang air kecil yang sering pada wanita, dapat disebabkan oleh beberapa hal:

  1. Infeksi saluran kemih. Keluhan ini biasanya disertai dengan nyeri saat buang air kecil, buang air kecil tidak lampias, atau buang air kecil yang sering namun hanya sedikit-sedikit.
  2. Diabetes. Gejala khas diabetes adalah banyak buang air kecil, sering haus dan sering lapar dan ditunjang dengan kadar gula dalam darah yang tidak normal.
  3. Gangguan pada persarafan. Gangguan pada persarafan kandung kemih dapat menyebabkan gangguan buang air kecil. Hal ini biasanya terjadi pada pasien dengan riwayat stroke.
  4. Overactive Bladder (OAB). OAB ditandai dengan berkemih minimal 3x dalam semalam dan jumlah berkemih mencapai minimal 8x/hari, urinary urgency (keinginan untuk segera berkemih), dan urinary incontinence (tidak dapat menahan berkemih). OAB sendiri memang lebih sering terjadi pada wanita. Faktor risikonya adalah sering melahirkan dan berat badan berlebih.

Keluhan-keluhan Anda ini paling baik diperiksakan langsung ke dokter agar dapat dilakukan evaluasi yang menyeluruh, termasuk pemeriksaan penunjang yang diperlukan seperti pemeriksaan urin atau pemeriksaan darah. Setelah kondisi kesehatan Anda sudah diketahui maka Anda dapat memperoleh penanganan yang tepat.

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar