Sukses

Haid Tidak Berhenti

01 Sep 2014, 05:50 WIB
Wanita, 24 tahun.
Dokter, saya masih single tapi sudah hampir 2 bulan haid saya tidak tidak lancar, awal haid darah yang keluar tidak banyak hanya berupa bercak coklat selama 7 hari, dan 7 hari kemudian saya haid lagi dengan darah keluar normal/ banyak dan berlangsung sampai 7 hari. dan 7 hari kemuadian keluar darah bercak coklat lagi, selama 2 bulan ini saya kurang istirahat dan banyak pikiran. saya sudah konsult ke bidan dan diberi obat pelancar haid dan penambah darah, tapi sampai obatnya habis, haidnya masih belum berhenti. kira- kira kenapa ya Dokter? terus bagaimana cara mengatasinya?

Ibu/Saudari yang Terhormat

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda.

Siklus menstruasi normal berkisar antara 21-35 hari dan berlangsung selama 3-7 hari. Siklus menstruasi yang tidak teratur umumnya terjadi akibat gangguan keseimbangan hormonal yang dapat disebabkan oleh beberapa keadaan, antara lain:

  • pada 3-5 tahun pertama setelah menstruasi pertama
  • perempuan dengan gangguan makan (seperti anoreksia nervosa, bulimia)
  • perempuan dengan indeks massa tubuh (IMT) > 30
  • stres psikologis
  • atlit
  • kekurangan vitamin K
  • penggunaan obat-obatan tertentu
  • kelainan pembekuan darah
  • gangguan hormon tiroid, dsb

Periode menstruasi memanjang dan berat dalam bahasa medis disebut menoragia, yaitu menstruasi berlangsung lebih panjang dari 7 hari. Penyebabnya sangat bervariasi, mulai dari penyebab organik, endokrinologik (hormonal), anatomik, hingga tindakan medis tertentu. 

Keluhan Anda adalah menstruasi selama 2 bulan yang tidak berhenti dan tidak teratur. Hal ini harus segera dikonfirmasi dengan pemeriksaan USG untuk mengetahui apakah terdapat massa dalam rongga rahim atau hanya merupakan kelainan hormonal. Maka, kami sarankan sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk mengevaluasi berbagai kemungkinan penyebabnya agar dapat dilakukan tatalaksana secara optimal. Perlu dilakukan wawancara medis mendetil, pemeriksaan fisik dan juga pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan USG untuk mengetahui masalah yang Anda alami. Setelah mengetahui penyebabnya maka dapat ditentukan segera penanganannya.

Untuk menambah wawasan Anda, berikut adalah beberapa artikel yang dapat membantu menjelaskan beberapa gangguan haid dan topik menarik terkait haid:

 

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat. 

 

Salam,

 

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar