Sukses

Tidak Suka Daging dan Ikan

19 Oct 2014, 18:40 WIB
Wanita, 21 tahun.
dok. saya mau bertanya. saudara perempuan saya berumur 21 tahun. dengan berat badan 45 kg. dulunya 50kg, karna sakit jadi berkurang. saudara saya tuh. kalau makan daging atau ikan dia gak suka. malah enek. terus susu juga dia gak suka. padahal waktu kecilnya ketika umur 2 th. dia sering di kasih susu sapi. karna ibunya punya anak lg. jadi dikasih susu sapi gak asi lg. apa dia sudah bosen kali karna masa kecilnya itu. terus ngaruh tidak sama gizinya. sampe sekarang dia gak suka daging atau ikan sudah dari kecil. gimana solusinya dok??

Ibu/Saudari yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Salam Kami untuk Saudara Anda!

Pada dasarnya, berat badan tidak bertambah disebabkan karena konsumsi energi lebih rendah dari kebutuhan. Dalam hal ini, sebagian cadangan energi tubuh dalam bentuk lemak akan digunakan. Penyebab lain adalah karena metabolisme tubuh yang cepat (biasanya merupakan faktor keturunan). Selain itu, seseorang yang termasuk dalam kategori kurus dapat disebabkan oleh penyakit tertentu, seperti hipertiroid atau tuberkulosis. Penurunan berat badan juga dapat terjadi setelah seseorang menderita sakit seperti yang terjadi pada Saudara Perempuan Anda.


Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menaikkan berat badan, antara lain:

  • Makan secara teratur 3 kali sehari dengan gizi seimbang lebih banyak dari biasanya dan ditambah 2 kali makanan kecil (biskuit yang mengandung keju dan susu, minuman yogurt, jus buah). Gizi seimbang adalah susunan hidangan sehari yang mengandung zat gizi (karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral) dalam jumlah dan kualitas yang sesuai dengan kebutuhan tubuh untuk dapat hidup sehat secara optimal.
  • Meningkatkan asupan protein dan karbohidrat sangat baik untuk meningkatkan berat badan. Makan lebih banyak makanan sumber energi dan protein dari biasanya seperti roti, nasi, umbi-umbian, ikan, daging, tempe, tahu. 
  • Berolahraga secara teratur. Beberapa jam setelah olahraga biasanya akan terasa lapar sehingga meningkatkan nafsu makan, yang tentunya berguna untuk menaikkan berat badan. Jenis olah raga pun tidak perlu yang sulit atau terlalu berat. Berjalan kaki selama 30 menit secara teratur sudah cukup untuk menjaga keseimbangan tubuh.
  • Istirahat yang cukup agar energi Anda tidak banyak terbuang percuma.
  • Memperbanyak minum air putih.


Daging atau ikan merupakan makanan sumber protein. Jika tidak mengkonsumsi daging merah atau ikan maka protein dapat diperoleh dari daging unggas, telur, kacang dan polong-polongan. Untuk itu,  Anda tidak perlu khawatir. Selama bahan makanan yang dikonsumsi tetap bervariasi dan mencakup bahan makanan yang mengandung nutrisi yang sama dengan daging atau ikan, maka kebutuhan nutrisi Saudara Perempuan Anda dapat tetap terjaga. Demikian juga dengan konsumsi susu.

Anda dapat mengunjungi Rubrik Gizi yang kami miliki untuk panduan beberapa jenis makanan dan kalorinya. Selain itu Anda juga dapat memperhatikan label makanan pada setiap kemasan untuk mengetahui jumlah kalori dan kandungan nutrisi pada setiap produk makanan yang Anda beli.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar